Menuju konten utama

Allianz Indonesia Catat Kinerja Positif 2021, Tumbuh 12,3 Persen

Allianz Indonesia pertahankan pertumbuhan bisnis dan terus berkomitmen lindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Allianz Indonesia Catat Kinerja Positif 2021, Tumbuh 12,3 Persen
Allianz Indonesia pertahankan pertumbuhan bisnis dan terus berkomitmen lindungi lebih banyak masyarakat Indonesia. foto/Rilis Allianz

tirto.id - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2021, dengan Pendapatan Premi Bruto (Gross Written Premium) sebesar Rp19 triliun atau bertumbuh 12,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kinerja ini didukung oleh pertumbuhan bisnis dari berbagai kanal distribusi, terutama keagenan dan Bancassurance.

Dengan pertumbuhan bisnis yang positif, Allianz Life Indonesia membukukan total aset sebesar Rp42,8 triliun.

Sementara kesehatan finansial perusahaan yang diukur oleh rasio Risk-Based Capital (RBC) tercatat sebesar 405% pada tahun 2021, jauh di atas ketentuan regulator sebesar 120%.

“Allianz Life Indonesia berkomitmen untuk merealisasikan tujuannya melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia. Kami menjalankan bisnis dan operasional perusahaan yang sejalan dengan pilar-pilar strategis dalam hal pertumbuhan, kualitas, dan pengalaman," kata David Nolan, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia dalam rilis yang diterima Tirto, Kamis (30/6).

Ia menambahkan, "Dalam melalui masa-masa menantang selama dua tahun terakhir, kami senantiasa mengedepankan keamanan dan kesehatan seluruh karyawan, memastikan solusi dan layanan yang sesuai kebutuhan nasabah serta mitra bisnis, serta mempertahankan kinerja bisnis."

Allianz Life Indonesia membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp 13,5 triliun di tahun 2021, meningkat sebesar 20,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, untuk lebih dari 223.000 klaim asuransi jiwa dan kesehatan.

Peningkatan pembayaran klaim dan manfaat ini menunjukkan moment of truth bagi nasabah, terutama dalam situasi pandemi.

Allianz Life Indonesia memberikan layanan terbaik yang dapat diberikan kepada nasabah pada masa-masa seperti ini.

“Karena masa pandemi masih terus berlangsung, kita masih menghadapi banyak dampak dan ketidakpastian. Kami mengandalkan performa tim yang kuat dan pemanfaatan teknologi serta digitalisasi secara optimal, untuk dapat terus meningkatkan akses dan kualitas solusi dan layanan asuransi yang dibutuhkan nasabah,” kata Edwin Prayitno, Direktur & Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia.

Menurut Laporan AAJI Kuartal IV tahun 2021 dan Laporan AAJI Kuartal I tahun 2022, Allianz Life Indonesia berhasil membukukan dan menjadi market leader untuk Weighted New Business Premium (WNBP) dengan pertumbuhan sebesar 11% dan market share 12%.

Pencapaian ini berlanjut hingga kuartal I tahun 2022, Allianz Life Indonesia masih terdepan dengan market share WNBP sebesar 10,6%.

“Pandemi telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi. Menanggapi hal ini, Allianz menyediakan produk-produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan asuransi nasabah," tutup Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia.

"Kami senantiasa meningkatkan layanan melalui digitalisasi dan memperluas kanal distribusi, dengan cara merekrut agen yang memenuhi kualifikasi serta berlisensi, juga berkolaborasi lebih erat lagi dengan mitra perbankan," tangkasnya.

Baca juga artikel terkait ALLIANZ INDONESIA

tirto.id - Bisnis
Sumber: Siaran Pers
Penulis: Yandri Daniel Damaledo