Alat Masak Jadi Produk Paling Laris di E-Commerce

Oleh: Patresia Kirnandita - 20 Januari 2017
Dibaca Normal 1 menit
Dari sekian aneka produk yang ditawarkan e-commerce, alat masak masuk dalam daftar produk papan atas 5 produk yang paling banyak dilirik konsumen.
tirto.id - Saat dahulu para orangtua bersusah-susah ke pasar hanya untuk membeli peralatan rumah tangga, kini kondisinya sudah berbeda. Merebaknya e-commerce di jagat internet telah mengubah gaya berbelanja terutama ibu rumah tangga, termasuk untuk urusan membeli perkakas masak-memasak. Produk keperluan dapur ini termasuk yang paling diincar oleh para konsumen saat berbelanja via e-commerce.

Head of Corp Communications & Public Affairs JD.ID Teddy Arifianto menjelaskan, ada lima kategori yang paling mencuri perhatian para pelanggan e-commerce. Umumnya barang-barang ini adalah alat keperluan rumah tangga dan perawatan tubuh.

“Pertama, kategori moms & baby. Kedua, gadget. Ketiga, beauty and health. Keempat, perlengkapan rumah tangga, salah satunya cookwares. Dan yang terakhir, (electronic) home appliance,” katanya dalam acara media gathering pengumuman kerja sama eksklusif antara JD.ID dan Ecopan pada Kamis, (19/1/2017)

E-commerce yang mulai beroperasi di Indonesia sejak November 2015 menangkap fakta ini dan meningkatkan peluang. Maxim Houseware Indonesia misalnya, Jenama peralatan masak ternama yang telah mengibarkan bendera selama 30 tahun ini memutuskan untuk menjalin kemitraan eksklusif dengan JD.ID untuk menjual salah satu lini produknya, Ecopan.

Konsep JD.ID yang mengutamakan pengalaman berbelanja pelanggan menjadi alasan Maxim Houseware Indonesia menggaet perusahaan e-commerce ini. Keduanya juga sama-sama menyasar segmen pasar premium, jadi kerjasama yang sangat klop.

Head of Merchandising of Household Category JD.ID, Ramadhan Niendraputra, menambahkan industri e-commerce di Indonesia mencapai kulminasinya dalam dua tahun. Beragam perusahaan pun bermunculan dan berlomba-lomba menyuguhkan promosi untuk menarik hari pengguna internet.

Aneka keunggulan berbelanja secara online bisa diperoleh dari situs belanja online seperti diskon dan efisiensi mendapatkan suatu produk. Namun demikian, Rama menyampaikan bahwa harga miring hanyalah satu jalan masuk untuk menarik perhatian pelanggan.

Namun yang lebih ditekankan oleh JD.ID adalah kesesuaian antara rupa barang di situs dan barang yang diterima, ketepatan waktu pengiriman, dan kemudahan cara pembayaran termasuk penyediaan EDC ketika pengiriman barang.

Menurutnya ketika pengalaman belanja seperti ini didapatkan, maka kemungkinan pelanggan untuk terus berbelanja secara online dapat tercipta. Ditambah lagi dengan kepercayaan dan loyalitas terhadap suatu jenama tertentu, penjualan peralatan rumah tangga seperti alat masak ini bukan mustahil jadi sesuatu yang seksi di dunia e-commerce.

Rama menambahkan selama November hingga Desember 2016, penjualan Ecopan cukup gemilang dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 71% dan volume pertumbuhan sebesar 81%.

Direktur PT Maxim Houseware Indonesia, Stephanie Alim menjelaskan bahwa terdapat beberapa karakteristik yang membuat peralatan masak seperti teflon ini disukai konsumen antaralain kualitas tinggi yang mencakup durabilitas produk dan penggunaan teknologi teranyar, ramah lingkungan seperti bebas racun PFOA dan PTFE yang bisa mereduksi produksi karbon, kemudahan dalam membersihkan peralatan, hingga keamanan produk.

Namun baginya kualitas produk belum sempurna bila pelayanan purnajual terhadap pelanggan juga jadi prioritas, seperti edukasi konsumen. Edukasi pelanggan mengenai penggunaan teflon dan cara pemeliharaannya menjadi hal penting bagi konsumen.

Baca juga artikel terkait E-COMMERCE atau tulisan menarik lainnya Patresia Kirnandita
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Patresia Kirnandita
Penulis: Patresia Kirnandita
Editor: Suhendra