Alasan Hari Ulang Tahun Doraemon Dirayakan Tiap 3 September

Penulis: Fitra Firdaus - 3 Sep 2020 16:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
3 September adalah hari ulang tahun Doraemon, karakter robot kucing ciptaan Fujiko Fujio yang demikian mendunia.
tirto.id - Ulang tahun Doraemon, karakter manga karya Fujiko Fujio, dirayakan pada 3 September setiap tahun. Doraemon sang robot kucing yang imut diciptakan pada 3 September 2112. Ia dikirim oleh Sewashi Nobi ke masa lalu untuk membantu buyut Sewashi, Nobita Nobi.

Kapan ulang tahun Doraemon terungkap dalam film pendek 2112 Nen Doraemon Tanjō yang tayang di Jepang pertama kali pada 4 Maret 1995.

Dalam film tersebut, pada 3 September 2112, tengah terjadi perakitan robot kucing secara massal di Matsushiba Robot Factory. Namun, terjadi kekacauan oleh dua teroris yang dikejar oleh polisi waktu.

Terjadi lonjakan listrik, dan salah satu robot kucing, Doraemon tersengat. Ia jatuh ke tempat pembuangan sampah industri, tetapi kemudian diselamatkan oleh Noramyoko.

Namun, sengatan listrik yang diterima Doraemon membuat ia jadi tidak sempurna.
Ia dinyatakan sebagai produk yang cacat. Ketika belajar di Sekolah Robot untuk menjadi robot kucing terbaik yang bisa melayani manusia.. Doraemon mengalami berbagai kesulitan hingga hari kelulusan.

Sebenarnya presentasi Doraemon pada hari kelulusan gagal, tetapi ia secara tidak sengaja dipilih oleh Sewashi, yang saat itu masih bayi. Dari sanalah kemudian Doraemon dan Sewashi menjadi sepasang sahabat.

Setelah sekian pengalaman bersama, Sewashi kemudian mengirim Doraemon ke masa lalu, tepatnya pada masa sang buyut, Nobita Nobi, masih bersekolah. Sewashi berharap, kedatangan Doraemon dapat membuat hidup Nobita, yang dikisahkan punya banyak masalah, jadi lebih baik.

Dalam kisah manga Doraemon, Nobita yang terkesan malas, lemah, dan kekanak-kanakan, akhirnya menikah dengan gadis idamannya Shizuka. Mereka memiliki putra bernama Nobisuke. Sewashi adalah cicit Nobisuke, sehingga memanggil Nobita dengan sebutan buyut.

Perayaan ulang tahun Doraemon pada 3 September tergolong unik, karena pada dasarnya Doraemon hingga saat ini belum "terlahir". Jika dibuat hitungan, tahun 2020 adalah 92 tahun sebelum Doraemon yang berbintang Virgo diproduksi di Matsushiba Robot Factory.



Manga Doraemon yang dibuat oleh Fujiko Fujio (nama pena dari Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko) sejak 1969. Serial asli manga Doraemon terdiri dari 45 tankobon (volume) di bawah payung Tentōmushi Comics, imprint Shogakukan, dengan tankobon terakhir dirilis pada 26 April 1996.

Sementara itu, anime Doraemon pertama kali tayang pada 1973 dengan total 26 episode. Setelahnya, pada 1979 muncul anime baru Doraemon yang diproduksi oleh Shin-Ei Animation. Sejak tahun tersebut hingga 18 Maret 2005, tercatat ada 1.787 episode Doraemon ditambah 30 episode khusus.

Usai anime versi kedua selesai, terdapat versi ketiga anime Doraemon yang dimulai sejak 15 April 2005 di TV Asahi hingga saat ini. Anime versi terbaru ini sudah mencapai 16 musim hingga 2020, dengan total 619 episode hingga penayangan pada Sabtu (5/9/2020) dan masih berlanjut.


Baca juga artikel terkait HARI ULANG TAHUN DORAEMON atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH

DarkLight