Peringatan HUT TNI ke-72

Alasan Dermaga Indah Kiat Dipilih Jadi Lokasi HUT TNI ke-72

Reporter: Hendra Friana, tirto.id - 5 Okt 2017 09:03 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjelaskan alasan Dermaga Indah Kiat di Cilegon dijadikan lokasi peringatan HUT TNI ke-72.
tirto.id -
Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten dipimpin oleh Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Presiden Joko Widodo yang bertindak selaku inspektur upacara hadir di lokasi sekitar pukul 08.35 WIB. Upacara yang dimulai pukul 08.40 WIB tersebut mengangkat tema 'Bersama Rakyat TNI Kuat.
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjelaskan, dipilihnya Dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon lantaran lokasi dinilai cocok untuk melakukan parade dari tiga matra baik itu darat, udara maupun laut.
"Tidak ada tempat lain, dari segi keamanan, di sini yang cocok," tandas Gatot.

Setelah upacara, peringatan HUT TNI juga akan diramaikan dengan berbagai parade marching band serta pameran Alutsista baik dari angkatan laut, udara dan darat. Beberapa anggota TNI juga akan menampilkan pencak silat, halang rintang laut gabungan, terjun statik laut gabungan dan jupiter aerobatic tim.

Pasukan yang terlibat Parade dan Defile, kata Gatot, berjumlah sekitar 5.392 orang. Selain itu, terdapat satu Komandan Brigif dan tiga Komandan Batalyon dalam komposisi pasukan Parade dan Defile berjumlah 809 orang. Pakaian pasukan sesuai dengan masing-masing angkatan dan sesuai dengan kegiatan demo masing-masing yang akan ditampilkan.
Besarnya Antusiasme Warga
Tak hanya dihadiri oleh sejumlah pejabat negara dan tamu undangan dari negara tetangga, HUT TNI juga dihadiri oleh ribuan warga yang tinggal di sekitar Cilegon.
Pantauan Tirto, sejak pukul 04.00 pagi, warga sudah berduyun-duyun berjalan kaki menuju Dermaga Indah Kiat. Ruas jalan Yos Sudarso yang mengarah ke dermaga mengalami kemacetan hingga 5 kilometer. Para personel TNI pun terpaksa jalan kaki beberapa kilometer agar tak terlambat sampai di lokasi.
Rohmah (28) salah satu warga Cilegon, sengaja berangkat pagi-pagi bersama suami dan anaknya untuk melihat parade dan pameran Alutsista TNI. "Jam setengah enam pagi dari rumah," ungkapnya.
Ia sempat kesal lantaran tak bisa menghindari kemacetan yang mengular. "Motor saya akhirnya diparkir di sana, (Jalan Yos Sudarso) saya jalan kaki," ujarnya.
Kendati demikian, ia tak ingin kehilangan kesempatan untuk menghadiri acara tersebut. Apalagi, kata dia, ada kesempatan melihat langsung Presiden Joko Widodo di lokasi acara.
"Mumpung ada di sini enggak apa-apa. Mau liat itu Pak Jokowi. Terus kan bagus ya, tentara ada yang naik tank. Gitu lah. Biar anak seneng juga ini," tambahnya.


Baca juga artikel terkait HUT TNI KE-72 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri

DarkLight