Alasan Barito Putera vs Persija Bukan Jadi Laga Pembuka Liga 1 2019

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 10 Mei 2019
Bentrok agenda menjadi alasan mengapa pertandingan Persija tak menjadi pembuka kompetisi Liga 1 2019.
tirto.id - Ada yang unik dari jadwal pertandingan Shopee Liga 1 2019. Biasanya, laga pembuka suatu liga selalu menyajikan partai yang melibatkan juara bertahan, namun hal itu tidak berlaku bagi kompetisi divisi teratas sepak bola Indonesia tersebut.

Alih-alih menjadwalkan Persija sebagai pembuka liga, PT LIB selaku operator kompetisi justru akan mengawali kick-off Shopee Liga 1 2019 dengan pertandingan PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Rabu (15/5/2019).

Ditanyai mengenai keputusan ganjil itu, Direktur Utama PT LIB, Dirk Soplanit mengatakan, penyebabnya adalah bentrok agenda Persija Jakarta. Macan Kemayoran masih diharuskan melakoni laga kontra Shan United di Piala AFC, Rabu (15/5/2019) sehingga LIB memilih mengalah dan membuka kompetisi dengan partai lain.

"Jadi sebenarnya, jadwal yang sebenarnya kami susun itu, kan, pembukanya Persija vs Semen Padang. Tapi, mengingat tanggal 15 itu Persija ada jadwal di AFC Cup 2019, jadi kami putuskan diganti," tutur Dirk kepada reporter Tirto, Jumat (10/5/2019).

Dirk menambahkan, pemilihan Arema FC vs PSS Sleman sebagai alternatif pembuka liga bukannya tanpa alasan. Arema FC dipilih karena berstatus juara Piala Presiden 2019, sementara PSS diplot sebagai lawan lantaran statusnya sebagai kampiun Liga 2 2018.

"Akhirnya kami memilih Arema sebagai juara Piala Presiden, melawan PSS sebagai juara Liga 2," imbuhnya.

Belakangan banyak isu yang menyebut bahwa alasan utama di balik penggantian tersebut karena sulitnya mencari izin keamanan untuk Persija. Namun, sekali lagi Dirk menampik tuduhan tersebut.

"Tentu saja bukan, bukan itu alasannya. Izin memang belum pasti, tapi alasan utamanya ya karena AFC itu tadi," tandasnya.

Pada akhirnya, berdasarkan jadwal resmi, Persija baru akan melakoni debut di Shopee Liga 1 2019 pada Senin (20/5/2019) petang. Hari itu, Marko Simic dan kawan-kawan bakal menantang tuan rumau Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Ibnu Azis