Akhirnya Presiden Cina Bertemu Trump Demi Buka Babak Baru

Oleh: Maya Saputri - 7 April 2017
Presiden Cina Xi Jinping tiba di Florida, Kamis (6/4/2017), untuk melakukan pertemuan pertama kalinya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam upaya memetakan haluan hubungan bilateral pada era baru.
tirto.id - Akhirnya Presiden Cina Xi Jinping melakukan pertemuan pertama kalinya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam upaya memetakan haluan hubungan bilateral pada era baru. Presiden Xi beserta rombongan tiba di Florida dan akan melakukan pertemuan di tempat peristirahatan Mar-a-Lago, Kamis (6/4/2017).

Pesawat yang membawa Presiden, Ibu Negara Peng Liyuan serta delegasi Cina mendarat pada siang hari di Bandar Udara Internasional Palm Beach, seperti diwartakan Antara.

Dengan disambut antara lain oleh Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dan istrinya, Xi dan Peng muncul dari pintu pesawat dan melambaikan tangan sebelum menuruni tangga pesawat sambil bergandengan tangan.

Dalam lawatan dua harinya di Florida, Xi dijadwalkan melakukan pembicaraan dengan Trump di tempat peristirahatan Mar-a-Lago, yang disebut Trump sebagai "Gedung Putih di Selatan". Mereka akan bertukar pikiran menyangkut berbagai masalah bilateral, kawasan dan global.

Kedua pemimpin juga akan menghadiri jamuan makan penyambutan yang telah dipersiapkan oleh Trump dan Ibu Negara AS, Melania Trump, kata Wakil Menteri Luar Negeri Cina Zheng Zeguang dalam jumpa pers pada 31 Maret lalu.

Pada situasi internasional saat ini, "pertemuan tersebut sangat penting untuk memetakan hubungan Cina dan AS di dalam era yang baru, memajukan pembangunan hubungan bilateral dengan cara yang sehat dan stabil sedari awal, juga memajukan perdamaian, stabilitas serta kesejahteraan di kawasan Asia Pasifik dan dunia pada umumnya," ujar Zheng.

Amerika Serikat merupakan tujuan kedua lawatan dua-negara yang dijalankan Xi. Sebelum sampai di AS, ia telah melakukan kunjungan kenegaraan di Finlandia, seperti dilaporkan Xinhua.

Baca juga artikel terkait HUBUNGAN BILATERAL atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - )

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight