Ajang Penghargaan Annie Awards ke-48 Berlangsung April 2021

Oleh: Sirojul Khafid - 26 Agustus 2020
Ajang penghargaan Annie Awards ke-48 tertunda akibat Corona dan akan berlangsung pada 16 April 2021.
tirto.id - ASIFA-Hollywood menyatakan bahwa gelaran Penghargaan Annie Awards ke-48 mundur. Penundaan ini merupakan dampak merebaknya pandemi coronavirus COVID-19.

Dilansir dari Variety, ajang penghargaan untuk dunia animasi ini akan berlangsung Jumat, 16 April 2021.

Pada tahun-tahun sebelumnya, penghargaan ini berlangsung pada bulan Januari di Royce Hall UCLA. Penetapan jenis acara berupa langsung atau virtual akan ditetapkan sekitar bulan Oktober.

Sue Shakespeare, selaku wakil presiden ASIFA-Hollywood menyatakan bahwa pandemi ini mengajarkan untuk selalu fleksibel dalam menyampai pesan dan berbagi pengalaman.

"Terlepas dari bagaimana upacara Annie disajikan tahun ini, ini akan menghormati semua bakat di komunitas animasi kami dengan rasa hormat dan inklusi yang tinggi," ujarnya.

Konten animasi yang bisa mengikuti ajang Annie Awards harus memenuhi syarat, salah satunya rilis di Amerika Serikat (AS) antara 1 Januari sampai 31 Desember 2020.

Namun syarat itu menjadi pengecualian untuk konten iklan, animasi pendek, proyek khusus, dan animasi pelajar. Konten-konten kategori itu tidak perlu rilis di AS.

Tahun lalu, Klaus dari Netflix memenangkan tujuh trofi termasuk Animasi Terbaik. Secara total, Netflix mendapat 19 penghargaan.

Dilansir dari Deadline, berikut tanggal-tanggal penting di acara Annie Awards ke-48:

  • 4 Januari 2021: Pembukaan pendaftaran.
  • 1 Februari: Batas waktu pengiriman.
  • 3 Maret 2021: Pengumuman Nominasi.
  • 29 Maret - 9 April: Pemungutan suara secara online.
  • 16 April 2021: Malam Penganugerahan Annie Awards tahunan ke-48.
ASIFA-Hollywood merupakan organisasi nirlaba di California yang telah berdiri sejak 35 tahun lalu. Mereka memiliki tujuan untuk mempromosikan dan mendorong seni animasi.


Baca juga artikel terkait ANNIE AWARDS atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight