STOP PRESS! Jack Ma Resmi Jadi Penasihat e-Commerce Indonesia

Ajang Pamer Gim E3

Ajang Pamer Gim E3
Electronic Entertainment Expo 2015. Los Angeles Times/Allen J. Schaben
Reporter: Arman Dhani
12 Juni, 2017 dibaca normal 3:30 menit
Mengenal perhelatan penting tahunan industri gim dunia.
tirto.id - Setiap tahun penggemar gim dunia menunggu perhelatan Tokyo Game Show dan Electronic Entertainment Expo (E3). Dua gelaran yang membahas gim dan teknologi baru yang menyertainya. Tahun ini E3 2017 akan digelar di Los Angeles Convention Center pada 13-15 Juni mendatang. Beberapa gim yang akan dipamerkan antara lain Uncharted: The Lost Legacy, Call of Duty: WWII, dan Middle-earth: Shadow of War.

E3 ini begitu penting bagi para penggemar gim. Pada acara ini, banyak studio pembuat gim dan industri yang berkaitan seperti konsol serta perangkat lainnya, memperkenalkan dan mempromosikan produk terbaru mereka.

E3 pertama kali diselenggarakan pada 11 Mei 1995 di Los Angeles Convention Center. Saat itu ada 50.000 orang yang hadir. Sebelum E3 ada Consumer Electronics Show (CES) yang diselenggarakan dua tahunan sekali dan digelar di Chicago. Berbeda dengan E3, CES juga menjual produk seperti alarm mobil, kulkas, alat stereo, baru pada E3 fokus pada gim. Meski pernah mengalami pasang surut akibat konsep acara yang bongkar pasang, beberapa kejadian paling bersejarah dalam gim terjadi di acara ini. Seperti pengumuman konsol atau peluncuran judul gim legendaris.

Tirto menyusun pengantar sederhana tentang E3 berdasarkan saduran lini masa sejarah yang telah disusun oleh Gamespot, IGN dan e3expo.com. Tulisan ini akan dipecah menjadi dua seri, yang pertama akan menjelaskan kejadian-kejadian penting sejak E3 pertama 1995 hingga 2007. Tulisan kedua akan disusun untuk menjelaskan bagaimana E3 memengaruhi industri gim dunia satu dekade terakhir sejak 2007 hingga 2017.

Tahun ini, E3 memasuki tahun ke-22. Ini memberikan kita kesempatan untuk menziarahi kembali beberapa momen penting yang mungkin dilupakan. Misalnya pada E3 pertama, Sega mengumumkan Sega Saturn, sebuah konsol yang dianggap paling canggih saat itu. Namun, impian Sega ini dikubur oleh Sony yang juga mengumumkan peluncuran PlayStation dengan harga 300 dolar, 100 dolar lebih murah daripada Sega Saturn. Play Station dicatat sejarah sebagai konsol paling laku dalam sejarah industri gim dunia.

Pada E3 bukan hanya Sega Saturn dan PlayStation yang muncul, Nintendo juga mengumumkan adanya proyek konsol yang kelak akan menjadi Nintendo 64 dan Virtual Boy konsol purwarupa yang didesain oleh Gunpei Yokoi dan Game & Watch. Ini adalah proto gim virtual reality yang kita nikmati hari ini. Saat itu beberapa gim seperti Ridge Racer dan Twisted Metal menjadi nama yang paling diingat. Nintendo 64 baru bisa hadir dua tahun kemudian, dengan pilihan gim seperti Super Mario 64, Star Wars Shadows of the Empire, Wave Race 64, Pilot Wings 64, dan Blast Corps.

E3 tahun 1997 menjadi penanda bahwa industri gim PC juga besar dan memiliki penggemarnya sendiri. Tahun itu, pengembang kartu grafik 3D muncul dan menunjukkan kebolehannya. Mereka menunjukkan kualitas visual gim yang bisa dimainkan dengan produk mereka. 1997 juga menjadi tahun penting yang membidani kelahiran gim legendaris PlayStation seperti Final Fantasy VII, Resident Evil 2, Parappa the Rapper, Castlevania: Symphony of the Night, Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back, dan Tomb Raider 2.

E3 1997 juga menjadi momen, saat trailer original Metal Gear Solid membuat para penggemar gim dunia dibikin penasaran dengan tema spionasi dan taktis. Pesona trailer ini demikian hebat membuat Konami langsung diingat di jajaran pembuat Gim seperti Squaresoft, Namco, dan Bandai. Tahun berikutnya, E3 kembali di Atlanta karena negosiasi tempat yang gagal di Los Angeles. Saat itu Sega mengumumkan konsol penting Dreamcast, yang dibuat bersama Microsoft (Windows CE operating system), VideoLogic (Power VR hardware), dan Hitachi (CPU). Dengan kemampuan mesin yang mumpuni dan visual yang indah, Dreamcast memang jadi konsol impian.

Pada 1998 Electronic Entertainment Expo memperkenalkan produk terbaru Game Boy Color, sementara Sony mengumumkan seri terbaru PlayStation. Nintendo juga memperkenalkan generasi baru gim yang berjudul Legend of Zelda Ocarina of Time yang menutupi pesona Dreamcast. Sampai saat ini Legend of Zelda masih menjadi gim favorit dan boleh dikata gim terbaik dalam sejarah. Ia mengalahkan pengumuman Final Fantasy VII (PlayStation) dan Half-Life (PC).

Pada E3 tahun 1999 Play Station 2 diperkenalkan yang disertai oleh demo gim Gran Turismo 2000. Namun, saat itu Dreamcast masih merajai berbagai pemberitaan karena gim-gim penting yang bisa dimainkan seperti Soul Calibur, Ready 2 Rumble dan NFL Football. Dreamcast juga memperkenalkan modem yang bisa membuat mesin ini terkoneksi dengan Internet. Tak mau kalah Nintendo saat itu mengumumkan akan membuat konsol baru dengan kode Dolphin, yang kelak akan berganti nama menjadi Gamecube.

Ajang Pamer Gim E3

E3 tahun 2000 masih menjadi ajang pertempuran Dreamcast dan PlayStation 2. Microsoft memasuki ajang perang konsol dengan mengumumkan mesin dengan konfigurasi mirip PC yang disebut Xbox. Tapi sayang pengumuman Xbox ditutupi oleh trailer gim seperti Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty dan Tekken Tag Tournament. Saat itu nama Hideo Kojima mulai dikenal dunia. E3 tahun 2001 juga merupakan titik balik kebangkitan PlayStation 2 dan mulai naiknya Xbox. Dreamcast mulai terpinggirkan karena minimnya judul gim-gim baru yang dibuat.

Nintendo pada 2001 mengumumkan Game Boy Advance sementara Microsoft melalyi Xbox memperkenalkan gim pertempuran Halo, Dead or Alive 3 dan sedikit gambaran tentang Project Ego yang kelak dikenal sebagai Fable. Tapi di sisi lain Playstation 2 memperkenalkan Final Fantasy X dan juga Grand Theft Auto III yang dianggap sebagai beberapa judul gim paling laris dalam sejarah. Game online baru mendapat tempat sebagai tema utama pada gelaran E3 2002. Sony mengumumkan dukungan gim online SOCOM, EverQuest Online Adventures, dan Madden NFL 2003.

E3 tahun 2002 juga menjadi pengumuman Final Fantasy XI oleh Square Enix sementara Capcom mengumumkan seri online Resident Evil Outbreak. Tapi tak ada yang bisa mengalahkan kedigdayaan PC untuk gim online. Saat itu Blizzard pengembang gim World of Warcraft menjadi primadona. Tahun selanjutnya, E3 2003 menjadi momen Sony mengumumkan PlayStation Portable (PSP). Saat itu Kojima mengumumkan trailer Metal Gear Solid 3: Snake Eater, salah satu gim spionase terbaik yang ada sampai saat ini.

E3 2004 nyaris menjadi milik Nintendo. Di momen terakhir konferensi gim itu, Nintendo mengumumkan konsol tangan Nintendo DS yang diharapkan menyaingi PSP. Presiden Nintendo Reggie Fils-Aime, pada akhir presentasi meminta pengunjung untuk tetap ditempat dan mengumumkan sebuah gim untuk GameCube. Penonton dibuat ternganga dengan kelahiran seri terbaru Legend of Zelda yang kini telah lebih dewasa. Tidak berhenti sampai di situ, legenda video gim dunia dan desainer gim Nintendo Shigeru Miyamoto muncul di panggung memberi kejutan bagi para penonton yang hadir.

E3 2005 menjadi momen di mana mesin konsol jadi primadona. Saat itu, Xbox 360, PlayStation 3, dan Wii menjadi duta besar masing-masing perusahaan. Sony menghadirkan demo Killzone 2, Final Fantasy VII remake dan juga Motorstorm yang memiliki visual indah. Sementara Microsoft melalui Xbox 360 menghadirkan Dead or Alive 4, Tom Clancy's Ghost Recon Advanced Warfighter, dan Perfect Dark Zero. Selanjutnya pada E3 2006 Nintendo menghadirkan Shigeru Miyamoto, sementara Sony dan PlayStation 3 menghadirkan versi awal Assassin's Creed yang dibuat oleh Ubisoft. Sekali lagi Hideo Kojima mencuri perhatian melalui trailer Metal Gear Solid 4.

Itu adalah sedikit pengantar bagaimana E3 dari masa ke masa. Seri kedua tulisan tentang acara tahunan ini akan diturunkan usai gelaran E3 15 Juni mendatang. Nantikan ulasan dari Tirto.

Baca juga artikel terkait GAME atau tulisan menarik lainnya Arman Dhani
(tirto.id - dan/nqm)

Keyword