Adolf Heuken, Penulis Sejarah Kota Jakarta Wafat pada 25 Juli 2019

Oleh: Addi M Idhom - 26 Juli 2019
Ahli sejarah kota Jakarta, Adolf Heuken wafat di usia 90 tahun pada Kamis malam, 25 Juli 2019.
tirto.id - Ahli sejarah kota Jakarta, Adolf Heuken SJ meninggal dunia pada Kamis (25/7/2019). Pastor kelahiran Jerman, 17 Juli 1929 tersebut wafat di RS St. Carolus, Jakarta sekitar pukul 20.27 WIB, Kamis malam.

Kabar duka ini diumumkan akun facebook resmi Keuskupan Agung Jakarta, tidak lama setelah Adolf Heuken tutup usia.

Keuskupan Agung Jakarta juga menginformasikan bahwa jenazah Adolf Heuken akan disemayamkan di Kapel Kolese Kanisius, Menteng Jakarta Pusat, mulai pukul 08.00 WIB, Jumat, 26 Juli 2019.

Rencananya, setelah dilaksanakan misa requiem di Kapel Kolese Kanisius, pada Jumat malam, jenazah Adolf Heuken akan diberangkatkan ke Girisonta. Adapun pemakaman akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juli 2019, sekitar pukul 10.00 WIB.

Adolf Heuken selama ini dikenal sebagai penulis sejumlah buku tentang sejarah Jakarta. Di antara buku-buku karya Heuken adalah Tempat-Tempat Bersejarah di Jakarta, Gereja-gereja Bersejarah di Jakarta, serta Sejarah Jakarta dalam Lukisan dan Foto.

Selain itu, Heuken juga pernah menulis buku Sumber-Sumber Asli Sejarah Jakarta I-III, Menteng, Kota Taman Pertama di Indonesia dan The Historical Site of Jakarta.


Baca juga artikel terkait SEJARAH INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight