STOP PRESS! Beda Sikap Soal Densus Tipikor Polri: Presiden Gelar Ratas

70.000 Liter Air Wudu untuk Aksi 212

02 Desember, 2016 dibaca normal 1 menit
70.000 Liter Air Wudu untuk Aksi 212
Ribuan orang berjalan kaki dari jl. Rasuna said, Jakarta Selatan, menuju kawasan monas untuk melakukan aksi bela islam III,Jakarta, (2/12). Mereka menuntut agar Ahok yang menjadi tersangka kasus penistaan agama segera dipenjara. [Tirto/Andrey gromico]
tirto.id - Sebanyak 70.000 liter air bersih untuk keperluan wudu umat Islam yang akan melaksanakan salat Jumat dalam demo 2 Desember bertajuk Aksi Damai Doa Bersama di area sekitar Monas telah disiapkan Palang Merah Indonesia (PMI).

Dalam kegiatan tersebut, PMI akan memobilisasi 14 mobil tangki air berkapasitas 5.000 liter serta menyiapkan 100 tempat penampungan air yang masing-masing berkapasitas 120 liter.

"Kebutuhan air bersih untuk melaksanakan salat Jumat tentu akan sangat membantu, untuk itu kami siapkan truk tangki, serta penampungan air bersih untuk memudahkan ibadah salat Jumat," ujar Kepala Biro Sarana Prasarana (Sarpras) PMI Pusat, Tia Kurniawan seperti dikutip dari Antara, Jumat (2/12/2016).

Tia berpendapat, PMI ingin membantu agar memudahkan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadahnya sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki lembaga tersebut.

Sementara itu, Kepala Divisi Kesehatan Dan Pelayanan Sosial PMI Pusat, dr. Arfan Faturrahman mengatakan, selain pelayanan air bersih, PMI juga menyiagakan delapan unit ambulans untuk membantu peserta atau masyarakat yang memerlukan penanganan kesehatan.

"Tentunya kami selalu siaga untuk membantu masyarakat dalam agenda Doa Bersama Hari ini, terutama yang memiliki masalah kesehatan. PMI menyiapkan ambulans serta obat-obatan untuk masyarakat yang membutuhkan," kata Arfan menjelaskan.

Dalam kegiatan Aksi Damai sebelumnya pada 25 November 2016, PMI juga memobilisasi 10 unit ambulans serta sukarelawan terlatih untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Acara Doa Bersama rencananya dimulai pukul 08.00 WIB dan akan berakhir hingga shalat Jumat.

Aksi tersebut masih terkait dengan proses hukum terhadap Gubernur nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama yang dituduh menistakan agama.

Sejak pukul 05.00 WIB, sekitar Monas, Istana Merdeka hingga Jalan Veteran Jakarta Pusat telah dipenuhi peserta Doa Bersama yang sebagian besar mengenakan pakaian berwarna putih.

Baca juga artikel terkait DEMO 2 DESEMBER atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - rat/rat)

Keyword