6 Gaya Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Sehat Selama Pandemi Corona

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 13 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gaya hidup yang bisa dilakukan agar tetap sehat selama pandemi Corona di antaranya tetap terhidrasi dengan air mineral serta tahan diri dari makanan bergula, junk food dan kemasan.
tirto.id - Masa-masa sulit selama pandemi virus Corona jenis baru atau COVID-19 saat ini tak berarti Anda bisa asal-asalan dalam memilih makanan, sebab hal tersebut justru bisa membuat Anda rentan terkena sakit.

“Hindari makanan yang memberi Anda euforia sementara karena setelah itu tingkat energi akan turun tajam. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang tidak tiba-tiba diikuti oleh depresi mendadak," kata ahli gizi di India, Nikhil Chaudhary seperti diwartakan Antara News melansir Indian Express.

Setiap kali Anda merasa lelah, tubuh cenderung tertarik pada makanan tinggi gula yang memberi kita perasaan bahagia.

Di sisi lain, ahli gizi dokter Tirta Prawita mengatakan pentingnya keseimbangan asupan gizi dan kebutuhan tubuh Anda, demi menjaga sistem kekebalan tubuh menghadapi infeksi.

"Diet yang baik, optimal agar status gizi baik supaya jadi kontributor pada sistem imun. Untuk perbaiki fungsi kekebalan tubuh, yang harus dikerjakan ialah menyediakan makronutrien, berusaha meminimalisir stres dan mikronutrien," kata dia dalam diskusi via daring.

Untuk mengatasi situasi seperti itu, ada beberapa hal kebiasaan atau gaya hidup yang bisa Anda perhatikan, antara lain:

1. Jangan sampai lapar.

Kelaparan memicu Anda untuk mengonsumsi lebih banyak junk food dan menyebabkan asupan makanan yang tak sehat pada tubuh Anda.

2. Tahan diri dari makanan bergula, junk food dan kemasan.

Makanan-makanan ini hanya memberi Anda kebahagiaan sementara dan ketika tingkat energi turun, Anda merasa tidak nyaman dan akhirnya makan lebih banyak gula serta junk food bisa memicu obesitas kemudian berakibat pada depresi.

Untuk menghindari lingkaran setan yang menyebabkan kecanduan, ada baiknya untuk menghindarinya sama sekali.

3. Tetap terhidrasi dengan air mineral.

Cara ini setidaknya membantu menghilangkan keinginan Anda untuk mengonsumsi kopi, teh, alkohol dan soda secara berlebihan.

4. Beraktivitas fisik.

Kegiatan ini meningkatkan level kebahagiaan Anda dengan stimulasi hormon tertentu. Ada beragam hal yang bisa Anda lakukan seperti yoga, latihan kekuatan, lari dan lainnya.

5. Konsumsi buah dan sayur.

Ini harus menjadi bagian terpenting dari diet Anda. Buah memang baik tetapi ketika kita berbicara tentang makanan alami, sayuran berada di urutan teratas. Buah-buahan juga bisa dijadikan sebagai makanan penutup.

6. Camilan kacang-kacangan.

Makanan ini sumber lemak yang baik, membuat Anda merasa kenyang, meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf, serta membantu Anda menghindari mengemil camilan goreng dan junk food.


Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight