Menuju konten utama

42.352 Desa di Indonesia Belum Tersentuh Listrik

Dari 82.190 desa di Indonesia, sebanyak 42.352 desa belum dialiri listrik. Hal ini setara dengan 50 persen desa di Indonesia. Sebagian besar desa yang berada di Indonesia bagian timur tersebut belum tersentuh aliran listrik dari PLN.

42.352 Desa di Indonesia Belum Tersentuh Listrik
(Ilustrasi) Pekerja memperbaiki jaringan listrik untuk rumah tangga. Antara Foto/Ari Bowo Sucipto.

tirto.id - Said Didu selaku Ketua Satuan Tugas Program Indonesia Terang (PIT) mengungkapkan bahwa 42.352 desa di sebagian besar Provinsi Papua dan di kawasan timur Indonesia belum teraliri jaringan listrik.

"Dari 82.190 desa di Indonesia, sebanyak 42.352 desa belum berlistrik," ungkapnya dalam Sarasehan bertajuk "Sinergi Kementerian ESDM Wujudkan Kedaulatan Energi Melalui Konservasi Energi dan Program Indonesia Terang" di Bogor pada Sabtu, (21/5/2016).

Dari jumlah tersebut, pihaknya memprioritaskan pembangunan infrastruktur listrik di 12.659 desa tertinggal karena desa-desa tersebut belum memperoleh akses listrik dari jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Prioritasnya Indonesia bagian timur bisa terang," katanya.

Ia mengatakan, PIT menghasilkan listrik dengan memanfaatkan energi yang berasal dari daerah setempat yang berupa energi terbarukan seperti energi surya, air, angin, biomassa, hingga arus laut.

"Dengan memanfaatkan energi setempat, pembangunan pembangkit dan transmisi listrik dapat dibangun secara lokal (off-grid), berbasis desa atau pulau, dan tak harus menunggu datangnya jaringan listrik dari pusat," katanya. (ANT)

Baca juga artikel terkait LISTRIK

tirto.id - Sosial budaya
Sumber: Antara
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Putu Agung Nara Indra