Menuju konten utama

24.000 Penumpang Siap Berangkat Melalui Terminal Merak

Arus balik lebaran malam ini akan mengangkut 24.000 penumpang dari Sumatera menuju berbagai daerah di Pulau Jawa.

24.000 Penumpang Siap Berangkat Melalui Terminal Merak
Antrean mobil yang akan masuk kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak pada puncak arus mudik lebaran 2017, Cilegon, Jumat (23/6). tirto.id/Arimacs Wiander

tirto.id - Sebanyak 24.000 penumpang arus balik mudik Lebaran dari Pulau Sumatera menuju berbagai daerah di Pulau Jawa siap berangkat melalui terminal Terpadu Merak.

"Kami siapkan 520 armada bus dan 15 cadangan untuk mengangkut lonjakan arus balik H+6 Sabtu (1/7) malam ini," kata Kepala Terminal Terpadu Merak, Rizky Gustap, Sabtu (1/7/2017).

Lebih lanjut Rizky menjelaskan bahwa perjalanan arus balik angkutan umum berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang.

Menurut Rizky, para penumpang bisa terlayani dengan angkutan armada berbagai tujuan, seperti Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Solo dan Surabaya.

Untuk itu, kata dia, arus balik lebaran malam ini akan mengangkut 24.000 penumpang dari Sumatera menuju berbagai daerah di Pulau Jawa.

"Semua penumpang akan terangkut dengan 520 bus yang disediakan melalui Terminal Terpadu Merak," kata Rizky dikutip dari Antara.

Menurut dia, sejak dua hari terakhir ini puncak arus balik meningkat pada H+5 Jumat (30/6) mengangkut 20.000 penumpang dan H+6 sebanyak 24.000 penumpang.

Ia mengatakan, sebagian besar penumpang arus balik dari Pelabuhan Bakauheni itu kebanyakan menuju Terminal Rambutan dan Terminal Kalideres.

Ia juga memprediksi, arus balik terus akan berlangsung hingga H+7 Minggu (2/7) karena Senin (3/7) depan karena pemudik sudah kembali bekerja.

"Kami terus meningkat kualitas pelayanan agar pemudik arus balik terlayani sampai tujuan dengan selamat," katanya.

Rizky juga mengimbau kepada para penumpang arus balik agar menjaga kesehatan tubuh dan barang-barang bawaan agar tidak tertinggal di terminal maupun kendaraan. Selain itu, kata dia, para penumpang juga diminta untuk tidak menggunakan perhiasan berlebihan guna menghindari kejahatan.

"Kami terus meningkatkan patroli dengan melibatkan Brimob dan intel guna memberikan pengamanan kepada penumpang arus balik," katanya.

Baca juga artikel terkait ARUS BALIK atau tulisan lainnya dari Alexander Haryanto

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto