2 Daerah Sulut Waspada Tsunami Usai Gempa M7 di Barat Daya Ternate

Oleh: Addi M Idhom - 7 Juli 2019
Dua daerah di Sulawesi Selatan dinyatakan berstatus waspada tsunami setelah gempa magnitudo 7,1 terjadi dengan pusat di laut arah barat daya Ternate.
tirto.id - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,1 mengguncang kawasan Maluku Utara, Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya pada Minggu malam (7/7/2019), pukul 22.08 WIB

Berdasar data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak di laut arah 133 kilometer barat daya Ternate, Maluku Utara atau pada koordinat 0.5 Lintang Utara (LU) dan 126,19 Bujur Timur (BT). Pusat gempa diperkirakan di kedalaman 10 kilometer.

Setelah gempa ini terjadi, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk sejumlah daerah di Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Sementara berdasarkan data di situs InaTEWS BMKG, hingga pukul 23.50 WIB, terdapat dua daerah di Sulawesi Utara yang berstatus waspada tsunami.

Peringatan dini tsunami level waspada tersebut untuk kawasan Minahasa Selatan dan Minahasa Utara Bagian Selatan. Hingga pukul 23.55 WIB, peringatan itu belum dicabut oleh BMKG.


Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight