Menuju konten utama

10 Transformasi Traveloka Selama Satu Dekade

10 Fakta Transformasi Traveloka Selama Satu Dekade.

10 Transformasi Traveloka Selama Satu Dekade
Traveloka. FOTO/traveloka.com

tirto.id - Perjalanan satu dekade Traveloka dipenuhi dengan berbagai pencapaian dan inovasi berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumen yang terus berkembang. Berikut 10 fakta transformasi Traveloka sebagai lifestyle superapp.

1. Pengalaman pemesanan tiket pesawat jadi ide awal berdirinya Traveloka

Traveloka didirikan pada 29 Februari 2012 oleh Ferry Unardi (CEO dan Co-Founder) dan Albert (Co-Founder). Berawal dari pengalaman Ferry Unardi yang mengalami kesulitan dalam memesan tiket pesawat saat di Amerika Serikat untuk pulang ke tanah kelahirannya di Padang, Sumatera Barat.

Kesulitan tersebut, kemudian dijadikan peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami kendala serupa. Bersama dua temannya dengan menggunakan tiga laptop sebagai modal utama, mereka memulai perjalanan Traveloka sebagai metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat.

2. Burung Godwit, inspirasi logo Traveloka

Pengguna Traveloka pasti mengenal logo perusahaan yang identik dengan gambar burung dilengkapi warna putih dan biru. Burung yang bernama Godwit ini menjadi inspirasi bagi Traveloka karena memiliki kemampuan untuk terbang sejauh ribuan kilometer tanpa berhenti sama sekali.

3. Bermula dari 8 orang menjadi ribuan karyawan

Pada awal berdiri, Traveloka hanya beranggotakan delapan orang yang terbagi ke dalam beberapa divisi, seperti keuangan, operasional, pemasaran, dan lainnya. Saat ini Traveloka memiliki lebih dari 2.000 talenta-talenta dari Asia Tenggara, dan kawasan lainnya seperti Eropa dan Amerika.

4. Hadapi situasi pandemi dengan ragam inovasi

Berbagai inisiatif dan inovasi yang Traveloka lakukan selama pandemi mencakup beragam produk dan fitur, seperti Traveloka Eats Delivery, Traveloka Clean Partners, Traveloka LIVEStyle, Tes Covid-19, Traveloka PayLater Virtual Number, serta tabungan emas.

Selain itu, ada pula beberapa fitur lain seperti Online Xperience Tur Virtual, Buy Now Stay Later, Pay Upon Check-In, Easy Reschedule, hingga layanan Order Now untuk Traveloka Eats.

5. Startup pertama yang meraih gelar Unicorn

Sejak tahun 2015, Traveloka menjadi perusahaan startup teknologi tanah air pertama yang mengembangkan bisnis di luar negara asalnya ke wilayah Asia Tenggara, seperti Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Pada 2017 lalu, Traveloka menyandang gelar perusahaan Unicorn. Pencapaian ini menjadikan Traveloka sebagai technology startup pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang berhasil meraih gelar tersebut.

6. Traveloka punya 40 juta monthly active users

Traveloka yang sebelumnya dikenal sebagai Online Travel Agent (OTA) saat ini telah bertransformasi menjadi lifestyle superapp di Asia Tenggara. Aplikasi Traveloka juga telah diunduh lebih dari 100 juta kali, dan memiliki lebih dari 40 juta pengguna aktif setiap bulannya (Januari 2022).

7. Beragam layanan penunjang gaya hidup

Traveloka mmahami kebutuhan konsumen yang tidak lagi terbatas hanya pada transportasi dan akomodasi, namun juga layanan penunjang lainnya seperti rekreasi, kuliner, dan layanan keuangan. Sebagai pemain utama di kategori local services, Traveloka hadirkan Traveloka Xperience, Traveloka Eats, dan Traveloka Eats Delivery untuk memudahkan konsumen memenuhi kebutuhan gaya hidup. Traveloka juga menawarkan solusi keuangan, pembayaran, dan asuransi, salah satunya skema pembayaran PayLater yang menjadi pelopor konsep Buy Now Pay Later (BNPL) di Indonesia.

8. Tumbuh bersama jutaan mitra

Traveloka telah bekerja sama dengan berbagai mitra di seluruh dunia, dengan total lebih dari 1,8 juta mitra akomodasi untuk menyediakan inventori di aplikasi Traveloka. Selain itu, Traveloka bekerja sama dengan 200 maskapai penerbangan dengan layanan penuh (full service carrier), dan maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier), dan bermitra dengan lebih dari 300 operator bus dan shuttle, dan lebih dari 500 mitra rental mobil dan antar jemput bandara di Indonesia. Traveloka juga bermitra dengan lebih dari 30.000 restoran yang tersebar di Indonesia.

9. Program-program Ikonik

Pengalaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup merupakan salah satu fokus utama Traveloka. Untuk menghadirkan pengalaman seru, Traveloka hadirkan kegiatan pemasaran ikonik tahunan, Traveloka EPIC Sale yang diselenggarakan di Indonesia, Vietnam, dan Singapura. Menggandeng lebih dari 81.000 mitra saat Traveloka EPIC Sale 2021 di Indonesia mencatat kenaikan transaksi di bulan Oktober 2021 hingga 1,5 kali lipat dibandingkan bulan Maret 2021.

10. Game seru di Traveloka

Traveloka mengajak pengguna untuk memiliki interaksi yang lebih seru dan menyenangkan di dalam aplikasi dengan menghadirkan Reward Zone, kumpulan casual games yang bisa dimainkan secara gratis oleh para pengguna. Salah satu game multiplayer pertama Traveloka, Sodaloka. Game ini memiliki lebih dari 500.000 pemain setia sejak pertama diluncurkan pada Oktober 2021.

Baca juga artikel terkait TRAVELOKA

Sumber: pers rilis
Oleh: Andrey Gromico