Zidane Jadi Pemain & Pelatih Ketujuh Juara Liga Champions

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 29 Mei 2016
Dibaca Normal 1 menit
Zinedine Zidane mencatatkan dirinya sebagai pemain sekaligus pelatih yang pernah meraih gelar juara Liga Champions. Setelah mengantarkan Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid di laga final dan merengkuh trofi Liga Champions 2016, Zidane pun sejajar dengan Miguel Muniz, Giovanni Trapattoni, Johan Cruyff, Carlo Ancelotti, Frank Rijkaard, dan Pep Guardiola.
tirto.id - Real Madrid sukses merengkuh trofi Liga Champions usai mengalahkan Atletico Madrid di laga puncak yang digelar di Stadion San Siro, Milan, Italia, Minggu (29/5/2016), lewat adu pinalti yang berakhir dengan skor 5-3. Pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane, pun mencatatkan dirinya sebagai orang ketujuh yang mampu menjuarai Liga Champions baik sebagai pemain maupun pelatih.

Miguel Muniz adalah orang pertama yang berhasil memenangi kompetisi klub paling bergengsi di Eropa tersebut sebagai pemain Real Madrid pada 1956 dan 1957 serta sebagai pelatih di tahun 1966. Sosok kedua adalah Giovanni Trapattoni, pemain Inter Milan, yang menjadi juara di tahun 1963 dan 1969, serta di tahun 1986 saat ia menukangi Juventus.

Johan Cruyff adalah orang ketiga yang mendapat rekor yang sama. Ia membantu Ajax meraih trofi Liga Champions di era 1971-1973 sebanyak tiga kali, dan saat menjadi pelatih FC Barcelona, peletak dasar sepak bola modern itu mengantar La Blaugrana meraih trofi Liga Champions di tahun 1992.

Carlo Ancelotti menjadi sosok keempat yang mampu meraih rekor langka tersebut saat menjadi pemain dan pelatih AC Milan. Ia juga ikut membantu Real Madrid mengangkat trofi Liga Champions di musim 2014, dimana kala itu Madrid juga berhadapan dengan Atletico Madrid di laga puncak.

Sosok kelima adalah legenda hidup sepakbola Belanda, Frank Rijkaard. Ia memenangkan Liga Champions sebagai pemain saat memperkiat AC Milan di tahun 1989, 1990, dan saat merumput bersama Ajax di tahun 1995. Trofi Champions diraih Rijkaard saat menjadi pelatih di tahun 2006 kala ia menukangi Barcelona.

Orang keenam yang mampu meraih rekor yang sama adalah Pep Guardiola. Pep sempat membantu Barcelona meraih trebel di tahun 2009, termasuk piala Liga Champions, dan menjadikan tim Catalunya itu sebagai tim terbaik di muka bumi dengan raihan enam gelar dalam satu musim. Saat menjadi pemain di klub yang sama dan di bawah asuhan Johan Cruyff, Pep mampu membawa Barcelona menjuarai Champions di tahun 1992. (ANT)

Baca juga artikel terkait BARCELONA atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: Antara
Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Iswara N Raditya