Jelang Ultah TNI ke-72

Ziarah Gatot ke Makam Sukarno, Soeharto Hingga Timor Leste

Oleh: Alexander Haryanto - 19 September 2017
Dibaca Normal 1 menit
Menurut Gatot, ketiga kepala negara itu harus menjadi teladan karena sampai saat ini makamnya banyak dikunjungi masyarakat.
tirto.id - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2017 mendatang, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berziarah ke sejumlah makam para mantan Presiden Republik Indonesia.

"Kami mentradisikan ziarah ke makam para mantan Presiden Republik Indonesia yang merupakan Panglima Tertinggi TNI,” kata Gatot dikutip dari Antara, Senin (18/9/2017).

Setelah mengunjungi makam Presiden pertama Indonesia, Sukarno di Blitar, Jawa Timur dan makam Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid (Gusdur) di Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. Kini Panglima TNI mengunjungi makam Presiden ke-2, Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Selasa (19/9/2017).

Kedatangan Panglima TNI didampingi pihak keluarga besar Presiden ke-2 Soeharto yang diwakili oleh Ari Sigit diikuti Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahyanto.

Gatot bersama istri dan rombongan kemudian melakukan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto.

"Kami bersama jajaran TNI sebelum melakukan ziarah di makam Presiden Ke-2 Soeharto Giribangun Karanganyar, ke makam Presiden pertama Sukarno di Blitar dan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur)," kata Panglima.

Menurut Gatot, ketiga kepala negara itu harus menjadi teladan karena sampai saat ini makamnya banyak dikunjungi masyarakat dengan jumlah rata-rata sekitar 1.000 pengunjung setiap hari.

Setelah ini, Gatot dan rombongan juga dikabarkan akan berkunjung ke Timor Leste.

"Panglima TNI dijadwalkan akan mendarat di Bandara El Tari, Kupang, dengan pesawat khusus sekitar pukul 17.30 WITA, sebelum melanjutkan penerbangan ke Timor Leste," kata Kepala Penerangan Korem 161/Wirasakti Kupang Mayor IBP Diana S, di Kupang, Selasa (19/9).

Menurut Diana, kunjungan Panglima TNI ke Timor Leste untuk ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja di Dili serta TMP Baucau bersama para warakawuri atau wanita yang ditinggal mati oleh suaminya (anggota TNI).

"Ada sekitar sembilan warakawuri yang diajak Panglima TNI ke negara setengah Pulau Timor bekas koloni Portugis tersebut, yakni lima orang warakawuri dari Pulau Jawa, tiga dari NTT serta satu lagi dari NTB," kata Diana.

Gatot dan rombongan akan ke Dili dengan penerbangan khusus besok Rabu (20/9). Dalam kunjungan ke Timor Leste itu, Gatot didampingi Kepala Staf TNI-AD, Kepala Staf TNI-AL dan Kepala Staf TNI-AU.

Baca juga artikel terkait ZIARAH atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto