Zayn Malik: Kisah Perjalanan Hidupnya Berawal dari X Faktor

Oleh: Alexander Haryanto - 12 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Karier musik Zayn Malik bermula dari X Faktor kemudian mencuat berkat One Direction.
tirto.id - Zayn Malik adalah salah satu penyanyi yang sedang naik daun. Tepat pada hari ini, 12 Januari 2021, usianya genap 28 tahun. Baru-baru ini, ia juga merilis single berjudul "Vibez" secara digital. Lagu ini merupakan bagian dari album bertajuk Nobody is Listening yang akan ia luncurkan pada 15 Januari 2021.

Zayn Malik, pada 25 September 2020 lalu, juga merilis single berjudul "Better", yang mengusung genre balada R&B. Perilisan lagu "Better" ini sekaligus menandai musik pertama Zayn dalam hampir dua tahun sejak albumnya Icarus Falls yang dirilis pada Desember 2018.

Jauh sebelum terkenal seperti sekarang ini, Zayn memulai karier di dunia tarik suara saat menjadi kontestan ajang pencari bakat X Faktor. Kemudian, bersama empat kontestan pria lainnya, Zayn membentuk One Direction, grup inilah yang melambungkan namanya. Namun, pada Maret 2015 lalu, ia hengkang dan memulai solo karier dengan merilis debut album berjudul Mind of Mind.


Perjalanan Karier Zayn Malik

Seperti dilansir laman Biography, Zayn Malik lahir di sebuah kota bernama Bradford, Inggris pada tanggal 12 Januari 1993. Dia adalah keturunan Inggris-Pakistan. Akan tetapi dia dibesarkan di East Bowling. Saat remaja, ia sudah menunjukkan minatnya pada seni dengan mengambil kursus seni pertunjukkan.

Saat usianya menginjak ke-17 tahun, Malik ikut audisi ajang pencarian bakat X-Faktor di Manchester untuk musim ketujuh. Kala itu ia menyanyikan lagu "Let Me Love You" dan ia lolos untuk masuk ke babak berikutnya. Namun, Malik harus tersingkir sebelum putaran babak final.

Akan tetapi, juri Nicole Scherzinger dan Simon Cowel mengelompokannya dengan Harry Styles, Niall Horan, Liam Payne dan Louis Tomlinson sehingga jadilah One Direction. Grup ini menjadi salah satu finalis terpopuler di musim X Faktor dan akhirnya bergabung dengan label musik Syco Cowel.

Namun, di saat puncak kariernya sebagai personel One Direction, Malik membuat keputusan yang mengejutkan para penggemarnya. Lewat sebuah pernyataan di Facebook ia pun mengumumkan kalau dia akan meninggalkan grup itu selamanya.

"Setelah lima tahun, saya merasa sekarang adalah waktu yang tepat bagi saya untuk meninggalkan band. Saya ingin meminta maaf kepada para penggemar jika saya mengecewakan siapa pun, tapi saya punya untuk melakukan apa yang terasa benar di hatiku," tulisnya di Facebook.


Setelah itu, ia pun meniti karier sebagai penyanyi solo dengan merilis lagu versi demo berjudul "I Don't Mind" yang dibocorkan oleh produser Naughty Boy, termasuk "Pillowtalk" dan "Its You", kedua lagu ini masuk dalam album perdananya Mind of Mind.

Nama Malik kembali naik karena debutnya berhasil masuk chat No. 1 di Inggris dan Amerika Serikat. Ia pun menikmati kesuksesan secara komersial untuk kolaborasinya bersama Taylor Swift di lagu "I Dont Wanna Live Forever".


Baca juga artikel terkait ZAYN MALIK atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight