Youtuber dengan Pendapatan Tertinggi 2019: Ryan Kaji Hingga Preston

Oleh: Abdul Hadi - 31 Desember 2019
Dibaca Normal 3 menit
Daftar 10 youtuber dengan penghasilan tertinggi di dunia menurut Forbes.
tirto.id - Saat ini lebih dari 100 juta video ditonton di YouTube setiap harinya. Dengan angka yang senilai dengan 58 persen total konsumsi video internet di seluruh dunia, YouTube nyaris mendominasi konten video di jejaring internet.

Oleh sebab itu, kreator video YouTube tak bisa diremehkan penghasilannya. Jika dikerjakan dengan serius, pendapatannya dapat melebihi gaji rata-rata dari kerja-kerja konvensional.

Sebagaimana dilansir dari ABC, salah satu kelebihan YouTube adalah tidak adanya penyeleksi konten videonya. Siapa pun bebas berpartisipasi dan menjadi kreator instan di YouTube.

Hal ini menjadi tantangan besar bagi pencipta konten agar videonya dapat menarik perhatian publik. Terlebih lagi, YouTube telah menjadi salah satu media terpopuler di seluruh dunia.

Sejak satu Juni 2018 hingga 1 Juni 2019, pendapatan senilai 162 juta dolar Amerika dihasilkan. Jika dikonversi ke rupiah, jumlah uang tersebut setara dengan lebih dari dua seperempat triliun. Pendapatan tersebut diperoleh hanya dalam setahun oleh 10 youtuber dengan pendapatan tertinggi pada 2019.

Menariknya, di antara 10 youtuber dengan penghasilan paling tinggi sedunia, dua di antaranya adalah bocah berusia lima dan delapan tahun.

Berikut daftar 10 youtuber dengan penghasilan tertinggi di dunia menurut Forbes.

Ryan Kaji: 26 Juta Dolar atau Rp364 Miliar

Bocah berumur delapan tahun ini memulai karier YouTube sejak usia tiga tahun dengan melakukan unboxing mainan di depan kamera. Sebagian besar video-videonya juga berisi ulasan produk dan mainan anak.

Seiring bertambahnya view dan subscriber-nya di YouTube, Ryan menambahkan eksperimen sains di tayangan-tayangan videonya. Sejak pertama kali terjun di YouTube, video-video di kanal Ryan telah ditonton lebih dari 35 miliar kali.

Saat ini, Ryan Kaji memperoleh kontrak dengan jaringan televisi Nickelodeon dan Hulu. Acaranya televisinya bertajuk Ryan's Mystery Playdate.

Dude Perfect: 20 Juta Dolar atau Rp280 Miliar

Lima sekawan mantan sekamar dari Texas A&M University, yang kini berusia sekitar 30-an tahun: Coby Cotton, Cory Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones dan Tyler Toney memvideokan kegiatan olahraga mereka, melakukan performa stunt dan memecahkan rekor dunia Guinness World Records.

Konten-konten video mereka selalu menyedot perhatian warganet. Misalnya video mereka Bowling Trick Shots dan Bubble Wrap Battle, amat populer dan menjadikan mereka memperoleh kontrak televisi dengan tajuk acara The Dude Perfect Show yang diudarakan oleh Nickelodeon.

Anastasia Radzinskaya: 18 Juta Dolar atau Rp250,3 Miliar

Bocah perempuan berusia lima tahun ini lahir di Rusia bagian selatan dengan gangguan celebral palsy. Kedua orang tuanya mendokumentasikan perkembangan Nastya, panggilan gadis ini, sepanjang masa terapinya. Videonya diunggah di YouTube dan jadi popoler di kalangan warganet.

Sebagian besar videonya berisi konten anak-anak pada umumnya seperti bermain dengan ayah, berkunjung ke taman kota, hingga bermain dengan binatang peliharaan.

Natsya dikategorikan sebagai salah satu kreator video paling cepat populer di Internet. Salah satu faktornya adalah video dengan tujuh bahasa yang menayangkan Anastasia bermain dengan ayahnya.

Beberapa perusahaan terkenal seperti Legoland dan Dannon membayarnya dengan kontrak ratusan ribu dolar.

Rhett and Link: 17,5 Juta Dolar atau Rp242 Miliar

Dua dari bintang YouTube paling awal, Rhett McLaughlin and Link Neal adalah pemandu acara Good Mythical Morning, salah satu acara YouTube yang paling populer.

Melalui berbagai konten-konten menarik yang mereka ciptakan, Rhett and Link selalu menarik perhatian warganet. Di acara tersebut, mereka juga mengkonsumsi makanan-makanan unik, hingga bernyayi bersama selebriti terkenal seperti Kelly Rowland.

Mereka juga membuat beberapa konten komedi di empat kanal Youtube berbeda. Selain itu, penghasilan Rhett and Link diperoleh dari podcast yang mereka susun, dua buku yang mereka tulis, dan di awal 2019, mereka juga membeli jaringan multikanal Smosh senilai 10 juta dolar.

Jeffree Star: 17 Juta Dolar atau Rp236,4 Miliar

Jeffree Star memulai karier musik di MySpace pada 2006 dan sempat memperoleh kontrak dengan Konvict Muzik, sebelum memutuskan pindah ke kanal YouTube.

Konten utama videonya berisi tutorial rias. Dari sana, dia memperoleh penghasilan sedikitnya delapan digit uang dari kepopulerannya di YouTube.

Pada 2018, Star memperoleh predikat sebagai youtuber dengan penghasilan kelima tertinggi. Dan tahun ini, dia masih mempertahankan posisinya sebagai salah satu youtuber paling populer di internet.

Preston (Preston Arsement): 14 Juta Dolar atau Rp194 Miliar

Di antara pendatang baru yang melejit cepat tahun ini adalah Preston Arsement yang memulai karier YouTubenya dengan memainkan gim Call of Duty.

Dia juga jadi populer dengan cepat karena video-video prank, yang jadi selingan di antara konten-konten gimnya.

Di luar YouTube, pendapatan lain yang diperoleh Preston adalah melalui server gim Minecraft yang memberikannya penghasilan lebih dari tujuh digit uang setiap tahunnya.

PewDiePie (Felix Kjellberg): 13 Juta Dolar atau Rp180,5 Miliar

Pada 2016, PewDiePie pernah jadi pemiliki kanal YouTube peringkat satu di dunia. Kini, lelaki yang bernama asli Felix Kjellberg ini melewati tahun-tahun yang dengan kontroversi seperti tersandung kasus rasisme dan video anti semit.

Sebagian besar kontennya di YouTube berisi komentar-komentar video gim dengan spesialisasi genre aksi dan horor. PewDiePie juga menjadi juri di seri web Internet Icon, sebuah kompetisi bakat pembuatan video.

Selain itu, dia juga menjadi aktor di serial televisi web Amerika bertajuk Scare PewDiePie.

Markiplier (Mark Fischbach): 13 Juta Dolar atau Rp180,5 Miliar

Seperti halnya PewDiePie, Mark Fischbach atau lebih dikenal dengan sebutan "Markiplier" adalah pemain dan komentator video gim dengan spesialisasi genre Let's Play dan horor bertahan hidup (survival).

Konten videonya digemari warganet karena amat sensasional dan ekspresif. Dia kerap berteriak, melemparkan serapah, hingga menangis ketika bermain gim. Tayangan video YouTubenya yang berisi kata-kata kotor juga tidak disensor.

Selain itu, Markiplier adalah sponsor favorit komunitas gim. Dia juga memproduksi kaos gim bermerek Cloak bersama rekan YouTubenya, Jacksepticeye.

DanTDM (Daniel Middleton): 12 juta Dolar atau Rp166,6 Miliar

YouTuber asal Inggris ini adalah pemain lama dalam dunia pervideoan dan pada 2014, salurannya pernah dikategorikan sebagai salah satu kanal YouTube paling populer di United Kingdom.

Middleton juga menciptakan gim The Diamond Minecart yang sebagian besar pemainnya adalah anak-anak usia lima hingga 10 tahun. Berkat gim juga, Middleton meraih beberapa penghargaan Kids' Choice Awards dari Nickelodeon.

Selain membuat konten-konten video di YouTube, Middleton juga adalah penulis novel grafis.

VanossGaming (Evan Fong): 11,5 Juta Dolar atau Rp160 Miliar

Evan Fong yang dikenal populer secara daring dengan sebutan “VanossGaming” adalah komentator video gim asal Kanada. Dia juga pengisi suara di seri YouTube Premium, Paranormal Action Squad.

Sebagian besar videonya di YouTube merupakan tayangan kompilasinya bermain gim. VanossGaming amat populer di komunitas gim, bahkan dia memperoleh sekitar 1,5 miliar views hanya dari video-video “Grand Theft Auto V“ dan Minecraft.





Baca juga artikel terkait YOUTUBER atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight