Yong Junhyung Hengkang dari Highlight karena Kasus Grup Video Mesum

Oleh: Maria Ulfa - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 2 menit
Yong Junhyung hengkang dari Highlight karena diduga terlibat dalam grup obrolan video mesum di KakaoTalk dengan Jung Joon Young.
tirto.id - Yong Junhyung mengumumkan pada Kamis (14/3/2019), ia meninggalkan boy group Highlight akibat kontroversi grup obrolan KakaoTalk bersama Jung Joon Young tentang penyebaran video dan foto-foto ilegal. Hal tersebut dikonfirmasi Junhyung melalui akun Instagram pribadi @bigbadboii.

“Halo, ini Yong Junhyung. Pertama-tama, saya dengan tulus meminta maaf kepada para anggota dan semua penggemar yang pasti mengalami kesulitan karena saya selama beberapa hari terakhir,” tulisnya dalam caption Instagram tersebut.

“Ketika saya menerima panggilan dari agensi saya untuk mengonfirmasi keabsahan [berita] tepat setelah SBS 8 O'Clock News mengudara pada 11 [Maret], saya tidak mengerti maksud masalah ini dengan jelas dan hanya mengatakan bahwa saya tidak ada di ruang obrolan tersebut,” lanjutnya.

Menurutnya, hal itu merupakan kesalahan dirinya karena ia tidak benar-benar memeriksa maksud dari pemberitaan. Ia juga mengatakan tidak bisa memeriksa tanggal dengan akurat karena tidak lagi memiliki cacatan obrolan itu.

Junhyung menjelaskan kronologi pesan yang ia terima dari Jung Joon Young pada akhir 2015 yang diduga terkait video mesum.

“Dalam pesan KakaoTalk dengan Jung Joon Young dari akhir 2015 yang dilaporkan oleh berita, kami minum pada malam sebelumnya dan pulang. Saya bertanya kepadanya bagaimana keadaannya pada hari berikutnya,” jelas Junhyung.

“Jung Joon Young mengatakan kepada saya dia tertangkap setelah mengirim rekaman video mesum kepada seseorang, dan saya menjawab, 'Anda tertangkap olehnya?'" lanjut Junhyung.

Junhyung mengatakan, ia tidak menerima video mesum seperti yang dimaksud pada percakapan tersebut, melainkan ia menerima video lain yang berbeda.

“Selain itu, saya berpartisipasi dalam percakapan yang tidak pantas tentang hal itu. Semua tindakan ini sangat tidak bermoral, dan saya bodoh. Saya memperlakukannya bukan masalah besar tanpa berpikir itu adalah kejahatan dan tindakan ilegal, dan itu juga kesalahan saya karena tidak menahan [Jung Joon Young] dengan tegas,” tuturnya.

Junhyung telah dimintai keterangan sebagai saksi tentang perkara ini dan ia menyebut telah mengungkap semuanya tanpa kebohongan. Junhyung menekankan ia tidak pernah berpartisipasi dalam tindakan ilegal seperti merekam dan mengedarkan video mesum.

Junhyung mengaku hanya mempertahankan hubungan pertemanan dengan Jung Joon Young dan sesekali menyapanya pada 2016.

“Namun, meskipun saya tahu apa yang terjadi selama waktu itu, saya menganggapnya bukan masalah besar dan bertindak seperti biasa. Saya diam saja tentang masalah parah ini di mana beberapa korban mungkin muncul karena tindakan saya,” ujarnya.

Junhyung mengungkapkan penyelasannya karena telah mengkhianati kepercayaan para anggota Highlight lainnya dan para penggemar.

“Saya menyadari betapa parahnya masalah ini, dan saya tidak ingin ada kerugian lebih lanjut kepada penggemar dan anggota saya yang pasti kecewa karena saya, jadi saya akan meninggalkan Highlight pada 14 Maret 2019. Saya akan hidup sambil merenungkan diri, lagi dan lagi. Saya sekali lagi meminta maaf dengan tulus,” pungkas Junhyung.

Pada hari yang sama, Kamis (14/3/2019) Around Us selaku agensi yang menaungi Yong Junhyung memberikan pernyataan resmi terkait hengkangnya Junhyung dari grup Highlight.

“Dia sepenuhnya memahami kejadian ini adalah sesuatu yang tidak bisa dimaafkan, dan dia telah merenungkan dirinya karena mengecewakan dan menghancurkan kepercayaan dan cinta yang dia terima dari penggemar Highlight dan sesama anggota,” ujar Around Us.

“Selain itu, ia akan mengambil tanggung jawab penuh dan meninggalkan Highlight pada 14 Maret 2019 untuk menghindari penodaan citra grup dan menyebabkan kerusakan sekunder."

Mereka juga meminta maaf karena tidak dapat memeriksa fakta yang sebenarnya, sehingga menyebabkan kebingungan bagi banyak orang. Mereka sempat merilis pernyataan resmi setelah keputusan yang tergesa-gesa dan menyatakan Junhyung tidak terlibat dalam insiden.

Sebelumnya, pada 11 Maret 2019 lalu, SBS 8 O’Clock News melaporkan video dan foto-foto mesum yang melibatkan Jung Joon Young telah dibagikan kepada delapan orang di dalam grup obrolan KakaoTalk, yakni dua orang penyanyi pria, CEO Yoo dari Yoori Holdings, Tuan Kim, seorang agen hiburan dan dua orang warga biasa, demikian dilansir Soompi.

SBS News melaporkan, selain Jung Joon Young, penyanyi pria lainnya di dalam grup tersebut diberi nama ‘penyanyi Yong’ dan memunculkan spekulasi orang tersebut adalah Yong Junhyung Highlight.

Usai kemunculan berita itu, Around Us sempat memberikan pernyataan Junhyung tidak terlibat dalam grup obrolan itu.

Around Us kemudian mengonfirmasi lagi percakapan yang melibatkan Yong Junhyung bukan grup obrolan melainkan obrolan pribadi atau personal chat (PC) antara Yong Junhyun dan Jung Joon Young pada 2016.


Baca juga artikel terkait KASUS PELECEHAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight