Yang Harus Dilakukan Saat Gempa di Sekolah & Tips Mitigasi

Kontributor: Mohamad Ichsanudin Adnan, tirto.id - 24 Nov 2022 11:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Apa saja langkah mitigasi gempa atau hal-hal yang sebaiknya kita lakukan jika terjadi gempa ketika sedang berada di sekolah?
tirto.id - Apa saja langkah mitigasi gempa atau hal-hal yang sebaiknya kita lakukan jika terjadi gempa ketika sedang berada di sekolah?

Gempa bumi merupakan getaran yang terjadi pada permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang mengakibatkan pergerakan pada kerak bumi.

Adapun frekuensi gempa yang terjadi pada suatu wilayah, bergantung pada jenis dan ukuran gempa bumi yang dialami selama periode waktu. Hal tersebut dapat diukur dengan menggunakan Seismometer.

Penyebab terjadinya gempa bumi pada umumnya disebabkan oleh adanya pergerakan pada kerak bumi atau biasa disebut sebagai lempeng bumi.


Jenis Gempa Berdasarkan Penyebabnya

Berikut beberapa jenis gempa bumi yang dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya.


Gempa Bumi Tektonik

Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar.

Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi.

Gempa Bumi Runtuhan

Gempa Bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, gempabumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal.

Gempa Bumi Vulkanik

Gempa Bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.


Mitigasi Gempa Bumi di Sekolah

Dilansir dari laman Kemendikbud, berikut adalah tentang Pendidikan mitigasi bencana harus diajarkan sejak dini. Maka dari itu anak-anak sekolah perlu dibekali pengetahuan agar mereka mengetahui langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam.

Berikut merupakan langkah-langkah atau mitigasi yang dapat dilakukan saat terjadi gempa bumi di sekolah:

Tetap Tenang
Carilah tempat yang aman untuk berlindung dari reruntuhan, seperti meja yang terdapat sekitar ruang kelas.

Berlindung

Kemudian, gunakan benda-benda yang tersedia di sekeliling untuk melindungi kepala dan leher dari reruntuhan. Benda-benda tersebut dapat menggunakan ts sekolah yang telah diisi buku-buku, buku sekolah yang memiliki dimensi lebar, atau meja sekolah yang memiliki ketahanan yang kuat.

Bertahan

Apabila memilih untuk berlindung di bawah meja, bertahanlah sambil berpegangan sampai guncangan gempa dapat dipastikan telah berhenti.

Apabila gempa dapat dipastikan telah berhenti, peserta didik dapat segera keluar dari ruangan kelas atau sekolah menuju titik kumpul yang telah disediakan. Selain itu peserta didik dapat mengikuti petunjuk atau instruksi yang diberikan oleh guru yang ada di sekolah.



Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Mohamad Ichsanudin Adnan
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Mohamad Ichsanudin Adnan
Penulis: Mohamad Ichsanudin Adnan
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight