Xiaomi Redmi 5 Plus, Masih Bisa Diandalkan di 2019?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 17 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Performa Xiaomi Redmi 5 Plus terbilang kencang di masanya dan bahkan masih bisa bersaing dengan smartphone keluaran baru dengan kelas yang sama.
tirto.id - Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan smartphone menengah yang kini turun tahta menjadi smartphone entry-level. Xiaomi pertama kali memperkenalkan ponsel ini pada awal 2018 bersama Redmi 5 yang tak lain adalah versi murahnya.

Saat ini, Xiaomi Redmi 5 Plus bergaransi resmi dalam kondisi baru masih banyak dijual di e-commerce populer Indonesia, harganya Rp1,6 juta untuk varian 3GB/32GB dan Rp1,9 juta untuk varian 4GB/64GB. Adapun varian dengan garansi tidak resmi atau distributor dijual dengan harga lebih murah.

Xiaomi Redmi 5 Plus masih cukup bersaing dengan smartphone keluaran terbaru apabila berkaca dari sisi performa. Kinerja ponsel ini setara dengan Mi A2 Lite dan masih lebih gegas dari Redmi 6. Namun, bagi yang menginginkan kamera ganda, Xiaomi Redmi 5 Plus bukan pilihan tepat.

Smartphone Redmi 5 Plus tak jauh berbeda dengan Redmi 5 yang mengandalkan balutan casing metal cukup tebal dan solid. Pada bagian atas dan bawah casing belakangnya terbuat dari polikarbonat yang berfungsi sebagai antenna. Bentuknya agak memanjang karena menyesuaikan aspek rasio layar FullView.

Xiaomi membekali Redmi 5 Plus dengan dukungan layar berukuran 5,7 inci resolusi HD+ dengan panel IPS dan masih mengusung aspek rasio 18:9. Layar ponsel ini mampu memancarkan warna yang cukup cemerlang dan tajam. Layar Redmi 5 Plus dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass.


Sama seperti smartphone Xiaomi lainya, Redmi 5 Plus menggunakan antarmuka MIUI 9 yang menggunakan basis sistem operasi Android 7.1.2 Nougat. Ponsel ini kemudian mendapat upgrade MIUI ke versi 10 dan menerima upgrade Android ke 8.1 Oreo. Ponsel ini juga dipertimbangkan untuk mendapat update Android ke 9.0 Pie.

Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali baterai berkapasitas cukup besar di kelasnya yakni 4.000mAh. Daya tahan baterai ponsel ini bisa seharian atau tergantung intensitas penggunaan. Sayangnya, Xiaomi tidak menyematkan futur fast charge di ponsel ini.

Salah satu kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus adalah dilengkapi dengan infrared blaster pada sisi atas. Infrared blaster membikin Redmi 5 Plus dapat difungsikan sebagai remote universal untuk peralatan elektronik di rumah, seperti TV atau AC.

Sektor fotografi, Xiaomi Redmi 5 Plus mengandalkan kamera utama berkekuatan 12 megapiksel dengan lensa f/2.2 yang telah dibenamkan fitur phase-detection autofocus dan juga LED flash. Adapun kamera depan berkekuatan 5MP. Baik kamera depan maupun kamera belakang dapat merekam video dengan resolusi FHD.

Xiaomi Redmi 5 Plus tersedia dalam tiga varian media penyimpanan, yakni 32GB dan 64GB. Ponsel ini didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal bertipe hybrid. Xiaomi juga menyematkan fitur keamanan sensor sidik jari pada sisi belakang ponsel.

Performa Xiaomi Redmi 5 Plus terbilang kencang di masanya dan bahkan masih bisa bersaing dengan smartphone keluaran baru dengan kelas yang sama.

Ponsel ini mengandalkan sokongan chipset Snapdragon 625 yang berkonsep octa-core dengan kecepatan 2GHz dan ditandemkan RAM 3GB atau 4GB. Kemampuan gaming Redmi 5 Plus cukup andal dengan dukungan GPU dari Adreno 506.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
DarkLight