Xiaomi akan Tinggalkan Merek "Mi" pada Produk Mulai September

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 25 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Xiaomi akan meninggalkan merek "Mi" pada produk-produk mereka secara bertahap mulai September ini.
tirto.id - Xiaomi akan tinggalkan merek branding “Mi” milik mereka secara bertahap mulai pertengahan September.

Perusahaan smartphone asal Cina tersebut akan mengganti merek produk “Mi” mereka dengan nama “Xiaomi”.

Dikutip dari laman The Verge, rencana penggantian merek branding smartphone tersebut pertama kali disampaikan oleh XDA Developers.

Informasi lain yang turut disampaikan, yaitu bahwa perubahan akan dilakukan secara bertahap dan akan ditetapkan di semua wilayah pemasaran.

Sebenarnya, penyebutan seri “Mi” dengan nama “Xiaomi” sudah dilakukan beberapa waktu di negara asalnya, yaitu Cina. Namun, dalam beberapa daerah pasaran terutama di barat masih menggunakan seri nama “Mi” lantaran pengucapan dan keterbacaan.

Dikutip dari laman Engadget, beberapa alasan kuat mengenai terjadinya perubahan tersebut adalah Xiaomi berniat untuk menyatukan kehadiran produk global mereka. Selain itu, juga bertujuan untuk menutupi kesenjangan yang terjadi akibat merek dan produknya.

Dua seri produk mereka yaitu Xiaomi dan Redmi nantinya akan berada di bawah merek utama mereka. Produk dari seri Xiaomi akan menawarkan smartphone dengan teknologi yang mumpuni serta memberikan pengalaman premium.

Sementara, produk smartphone dari seri Redmi akan memberikan inovasi besar dengan harga yang relatif terjangkau. Seri Redmi memang lebih ditujukan kepada pasaran dengan sasaran utama kalangan muda.

Kebijakan perubahan merek branding tersebut akan terus diterapkan di tempat-tempat pemasaran dan produk-produk loT keluar Xiaomi selanjutnya.

Dikutip dari laman Gsmarena, pengumuman secara resmi terkait perubahan merek produk Xiaomi sepertinya akan diinformasikan bersamaan dengan rilisnya seri 11 T pada 15 September 2021.

Kemungkinan tersebut didukung dengan penyebutan perusahaan mengenai smartphone flagship terbaru milik mereka yaitu, Xiaomi Mix 4 yang sudah tidak menggunakan nama seri “Mi”.

Bocoran Xiaomi 11 T dan Redmi K40 Ultra

Xiaomi akan rilis Xiaomi Mi 11T pada tanggal 15 September 2021 di India. Beberapa spesifikasi bocoran mengenai smartphone unggulan milik Xiaomi tersebut seperti tampilan ponsel, kamera, dan chipset yang akan diberikan.

Xiaomi 11T yang akan tiba di pasaran Global dan India tersebut, diberi kode Amber dengan model K11R. Ponsel akan memiliki rasio layar 20:9 dengan kecepatan refresh hingga 120 Hz. Xiaomi 11T sepertinya akan dilengkapi dengan layar OLED.

Xiaomi 11T juga akan dibekali dengan tiga unit kamera belakang yang terdiri dari kamera utama OV64B 64 MP keluaran OmniVision. Kemudian, akan diberikan lensa Sony IMX355 sebagai kamera sudut lebar dan kamera telemacro dengan kemampuan zoom 3x.

Xiaomi 11T merupakan smartphone yang dianggap menjadi jawaban dari OnePlus Nord 2. Xiaomi 11T kemungkinan besar akan mengusung SoC MediaTek 1200 Dimensity sebagai chipsetnya.

Selain meluncurkan Xiaomi 11T, perusahaan juga akan rilis Redmi K40 Ultra kode Agate model K11T di pasaran China. Ponsel tersebut, juga akan memiliki beberapa fitur dan spesifikasi yang sama dengan Xiaomi 11T.

Redmi K 40 sepertinya tidak akan menggunakan sensor 64 MP, namun mengusung HM2 108 MP di kamera utamanya. Sedangkan, untuk dua kamera lainnya akan dilengkapi dengan lensa lebar Sony IMX355 sebagai kamera sudut dan kamera telemacro berkemampuan zoom 3x.


Baca juga artikel terkait PRODUK XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight