Live Streaming Presentasi Xavi

Xavi Pelatih Baru Barcelona: Live Streaming Presentasi Senin 8 Nov

Oleh: Permadi Suntama - 8 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal live streaming presentasi Xavi pelatih baru Barcelona di kanal Youtube Barca diikuti konferensi pers hari ini Senin, 8 November 2021 pukul 19.00 WIB.
tirto.id - Xavi Hernandez secara resmi telah menjadi pelatih tim utama Barcelona. Presentasi pengenalan eks pelatih Al Sadd tersebut bakal digelar pada Senin (8/11/2021), di Stadion Camp Nou dan dapat disaksikan melalui live streaming di kanal Youtube FC Barcelona dan laman resmi Barcelona mulai pukul 19.00 WIB.

Xavi Hernandez ditunjuk sebagai pelatih Barcelona untuk menggantikan Ronald Koeman yang meraih rangkaian hasil buruk sepanjang awal musim. Kehadiran sang legenda Barca diharapkan membangkitkan klub yang tengah terpuruk dari sisi finansial dan prestasi olahraga.

Blaugrana menempati peringkat 9 klasemen Liga Spanyol saat ditinggal Koeman. Klub Catalunya itu hanya meraih 4 kemenangan dari 11 laga, serta 4 kali seri dan 3 kali tumbang.

Selain itu, di Liga Champion 2021/2022 Blaugrana sempat menjalani start buruk dengan kalah 0-3 dari Bayern Munchen di Camp Nou dan 3-0 oleh Benfica di Portugal. Saat ini Barca ada di urutan ketiga klasemen UCL Grup E dengan 6 poin dari 4 pertandingan. Namun, lini depan Barcelona hanya mencetak 2 gol dalam 4 pertandingan tersebut.

Kehadiran Xavi Hernandez digadang-gadang bisa melanjutkan kesuksesan Pep Guardiola. Ketika pertama kali menangani Barca, Guardiola hanya berstatus pelatih tim Barcelona B. Sementara itu, Xavi selama ini mengasah kemampuannya sebagai juru taktik di Liga Qatar bersama Al-Sadd.

Namun, upaya Xavi Blaugrana kembali ke papan atas Liga Spanyol 2021/2022 tersebut tidak akan mudah karena banyak pemain sedang dalam kondisi yang kurang bagus, baik dari segi fisik maupun mental.

Dikutip dari Marca, dari segi mental, kegagalan mempertahankan keunggulan 0-3 atas Celta Vigo akhir pekan lalu (ujungnya imbang 3-3) membuat suasana ruang ganti tim menjadi tidak terkendali.

Selain itu, 11 pemain yang absen karena cedera membuat Xavi harus bisa bertahan dengan skuad yang dimiliki, setidaknya hingga bursa transfer musim dingin.

11 pemain Barcelona yang mengalami cedera antara lain Neto (penjaga gawang), Gerard Pique, Sergi Roberto, Sergino Dest, Moussa Wague (pemain belakang), Pedri (gelandang), Sergio Aguero, Ousmane Dembele, Ansu Fati, dan Martin Braithwaite (pemain depan).

Selain itu, Xavi juga dituntut untuk memperagakan permainan menyerang yang jadi identitas Barcelona. Pasalnya, di era Koeman, Blaugrana kerap bermain pragmatis ketika mengalami kebuntuan dan pemain-pemain yang dimiliki tidak mendukung untuk bermain menyerang.


Jadwal Live Streaming Presentasi Xavi Pelatih Baru Barcelona


Xavi telah menunjukkan permainan sepak bola menyerang saat menangani Al Sadd. Filosofi sang juru taktik sangat terpengaruh gaya khas 4-3-3 milik Barcelona.

Xavi menuturkan, "Hal terindah dan terpenting dalam sepak bola adalah menyerang dan mendominasi pertandingan. [Sebuah tim] mesti mengutamakan penguasaan bola, dan menghasilkan keunggulan jumlah dalam serangan setelah fase bertahan, dengam menerapkan tekanan tinggi.”

Namun, dengan kualitas kompetisi yang berbeda serta lawan-lawan yang lebih tangguh, sosok yang meraih 4 trofi Liga Champion bersama Barcelona tersebut harus menunjukkan kualitasnya sebagai pelatih.

Laga pertama Xavi sebagai pelatih Barcelona di Liga Spanyol bakal terjadi di pekan ke-14 pada 21 November 2021. Oleh karena itu, dia memiliki waktu untuk berlatih bersama timnya selama jeda internasional dan menerapkan taktik yang dia inginkan.

Sebelum itu, dia bakal diperkenalkan terlebih dahulu sebagai pelatih Barcelona pada hari ini, Senin (8/11/2021). Berikut adalah jadwal lengkapnya.

Senin, 8 November 2021

Pukul 17.30 WIB Pembukaan gerbang Stadion Camp Nou, untuk para penggemar.

Pukul 19.00 WIB Presentasi Xavi Hernández
sebagai pelatih baru Barcelona di lapangan Stadion Camp Nou
(live streaming di kanal Youtube Barcelona)

Pukul 19.30 WIB Konferensi pers Xavi Hernández, sebagai pelatih Barcelona
(Live di laman resmi Barcelona).

Baca juga artikel terkait BARCELONA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight