Wisata Air Umbul Ponggok Klaten: Pilihan Snorkeling Instagramable

Oleh: Muhammad Fadly - 5 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Umbul Ponggok adalah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkeling yang cukup terkenal di Klaten
tirto.id - Bagi yang berlibur ke wisata air, Umbul Ponggok adalah pilihan menarik untuk dikunjungi. Kolam mata air di sebuah desa kecil yang menjadi populer di media sosial akhir-akhir ini, berkat upaya masyarakat setempat yang begitu kreatif dan bisa membaca peluang usaha.

Umbul Ponggok adalah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkeling yang cukup terkenal di Klaten, Jawa Tengah.

Kolam yang berukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter ini telah ada sejak zaman Belanda. Awalnya, kolam ini begitu kotor dan tercemar, hanya difungsikan sebagai tempat mandi dan mencuci oleh warga sekitar. Namun, pada tahun 2006 setelah pergantian kepala desa baru, Junaedi Mulyono, melihat peluang dan potensi 40 mata air alami yang mengalir tersebut.

Suasana snorkeling di bawah laut dengan di Umbul Ponggok tidak akan kalah dengan keseruan dan keindahannya.

Umbul Ponggok juga menawarkan keindahan dalam air yang masih alami, hamparan pasir yang luas, bebatuan, air yang jernih dan ribuan ikan yang memiliki warna beragam sehingga seperti terasa di bawah laut.

Tempat ini menjadi salah satu tempat yang sangat Instagramable dan sangat cocok untuk pergi ke tempat ini bersama sanak keluarga dan juga teman-teman dekat untuk berfoto bersama.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti berfoto di dalam air dengan berbagai properti, seperti, tv, jet ski, tenda dan sepeda motor. Snorkeling dan diving, wahana walker, hingga Prewedding di dalam air.

Pengunjung dapat menyewa kamera underwater, alat snorkeling dan diving atau membayar fotografer selam scuba untuk mengambil foto. Juga terdapat wahana bermain; Warrior Adventure untuk aktivitas permainan di atas air, kapasitas maksimal sampai 85 orang.

Untuk yang datang secara rombongan pun bisa melakukan reservasi terlebih dahulu agar tetatp bisa menikmati Umbul Ponggok secara nyaman dan aman. Dengan membayar Rp15.000/orang, semua fasilitas dan keindahan di atas tadi bisa dinikmati.


Baca juga artikel terkait PARIWISATA atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadly
(tirto.id - )

Kontributor: Muhammad Fadly
Penulis: Muhammad Fadly
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight