Liga Inggris

William Saliba Jadi Target Utama Arsenal di Bursa Transfer

Oleh: Permadi Suntama - 21 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
William Saliba memiliki nilai jual 3 juta Euro sehingga cocok dengan dana yang dimiliki Arsenal.
tirto.id - Pemain bertahan Saint-Etienne, William Saliba, menjadi target utama Arsenal dalam jendela transfer musim panas 2019. Pemain berusia 18 tahun asal Perancis itu digadang-gadang mampu dijadikan solusi lini pertahanan The Gunners, yang musim ini kebobolan 51 gol di Liga Inggris 2018/2019.

Dilansir dari goal, Arsenal telah menyiapkan dana segar tak kurang dari 25 juta paun untuk memboyong Saliba ke Stadion Emirates. Pemain 18 tahun itu sendiri sudah bermain 17 kali untuk Les Verst, julukan Saint Etienne, di Liga Perancis musim ini.

Kemampuan William Saliba, sebagai bek yang memiliki potensi besar di masa depan pun telah diakui sejumlah manajer di Liga Perancis, seperti Patrick Viera (manajer OGC Nice), yang melihat timnya tumbang 3-0 atas Saint Etienne, dan kesulitan menembus pertahanan Les Verst.

Selain itu, mantan manajer Manchester United, Jose Mourinho, juga kepincut dengan Saliba, dan ingin mendatangkannya ke Old Trafford musim lalu. Ia menyebut Saliba, memiliki semua hal untuk menjadi pemain hebat di masa mendatang.

"Saya pikir dia memiliki segala yang dibutuhkan untuk menjadi pemain yang hebat, seperti Kurt Zouma, yang saya datangkan [untuk Chelsea]," kata Jose Mourinho dikutip Goal.

Pemain kelahiran Bondy itu akan menjadi pembelian yang fantastis untuk Arsenal. Selain untuk menambal lini belakang, ia juga sesuai dengan ambisi klub yang tengah berupaya meremajakan skuad.

Berdasarkan data Transfermarket, jebolan akadami Saint Etienne itu memiliki nilai jual 3 juta Euro, sehingga cocok dengan dana yang dimiliki Arsenal.

Arsenal sendiri diperkirakan memiliki dana segar sebesar 220 juta paun dari penjualan sejumlah pemain, kerja sama dengan apparel Adidas dan suntikan dana dari klub.

Sebelumnya, (pelaksana) direktur olahraga Arsenal, Vinai Venkatesham, menyebut bahwa klubnya akan membelanjakan dana yang dimiliki seefisien mungkin. Selain itu, pemain yang didatangkan diharapkan mampu memberi kontribusi untuk dan sesuai dengan kebutuhan klub.

“Tetapi kami perlu memastikan bahwa kami menghabiskan uang itu seefisien mungkin, dan kita menghabiskan banyak waktu untuk fokus pada hal itu. Tentu saja kami harus [membeli pemain dengan] masuk akal dan kita harus efisien di jendela transfer,” kata Vinai Venkatesham.

“Kami perlu merekrut pemain-pemain hebat, kami perlu memastikan para pemain itu dapat memberikan kontribusi nyata [untuk klub],” tandasnya.

Arsenal sendiri diperkirakan membeli sejumlah pemain anyar untuk memperkuat tim musim depan. Selain itu, The Gunners juga berpeluang tampil di Liga Cahampions, andai mampu menjuarai Liga Eropa.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Permadi Suntama