Pandemi COVID-19

Wiku: Vaksin Merah Putih Tetap Lanjut Usai Penggabungan Kementerian

Oleh: Andrian Pratama Taher - 15 April 2021
Wiku sebut pemerintah tetap melanjutkan proyek vaksin Merah Putih setelah Kemenristek dilebur dengan Kemendikbud.
tirto.id - Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah tetap melanjutkan proyek Vaksin Merah Putih setelah Kementerian Riset dan Teknologi dilebur dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Wiku berharap, masyarakat tetap mendukung proyek vaksin Merah Putih meski terjadi perubahan kementerian.

Sebab, kata Wiku, pemerintah sudah berhitung kerugian serta manfaat ketika penggabungan kementerian maupun pemisahan Kementerian Riset dan Teknologi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional.

"Dimohon untuk masyarakat mampu mendukung keputusan pemerintah yang seyogyanya adalah untuk kepentingan masyarakat. Namun pemerintah berkomitmen untuk tetap meneruskan proses pengembangan vaksin merah putih," kata Wiku dalam konferensi pers dari Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Wiku mengatakan, pemerintah tetap melanjutkan proyek vaksin Merah Putih karena vaksin ini akan menyelesaikan masalah kebutuhan vaksin secara nasional dan juga internasional. Wiku mengingatkan, 130 negara masih belum terakses vaksin COVID-19 sehingga pengembangan vaksin Merah Putih masih dianggap penting.

"Pengembangan vaksin Merah Putih merupakan hasil inovasi anak bangsa dan merupakan aset intelektual negara untuk investasi jangka panjang dan pengembangan vaksin ini pasti akan sepenuhnya didukung oleh pemerintah," kata Wiku.



Baca juga artikel terkait VAKSIN MERAH PUTIH atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight