Menuju konten utama

WHO Gandeng Mr Bean Kampanyekan Cara Cegah COVID-19

Video bertajuk “Mr Bean’s Essential COVID-19 Checklist” ini adalah pengingat bagi orang-orang untuk melindungi diri dari COVID-19.

WHO Gandeng Mr Bean Kampanyekan Cara Cegah COVID-19
Gedung Markas Besar Organisasi Kesehatan Dunia WHO di Jenewa, Swiss. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Project Everyone dan Tiger Aspect Productions meluncurkan public service announcement (PSA) guna mengedukasi masyarakat tentang cara mencegah penularan virus Corona jenis baru, COVID-19.

Dalam video public service announcement atau iklan layanan masyarakat (ILM) tersebut WHO menggunakan bintang kartun komedi global Mr Bean.

Video bertajuk “Mr Bean’s Essential COVID-19 Checklist” ini adalah pengingat bagi orang-orang tentang pentingnya mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik, dan menunjukkan kebaikan kepada tetangga mereka.

Video ILM tersebut menampilkan kartun Mr Bean dengan lucu mengatasi roller blind yang bertuliskan sejumlah tips penting untuk melindungi orang dari COVID-19.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan pihaknya akan menggunakan beragam cara untuk berbagi informasi terkait COVID-19 guna menyelamatkan banyak jiwa.

“COVID-19 memengaruhi setiap jalan kehidupan manusia, dan kita perlu menggunakan semua alat dan jalan yang kita miliki untuk berbagi informasi untuk menyelamatkan jiwa dengan semua orang di sekitar dunia. Saya berterima kasih atas dukungan tim di belakang Mr Bean karena meminjamkan suara dan bakat Anda untuk menyebarkan saran penting tentang jarak fisik, kebersihan, dan mengetahui gejalanya," ujar Tedros dilansir dari lawan website WHO.

Video ILM ini suaranya diisi oleh bintang Mr Bean, Rowan Atkinson, ia menciptakan karakter Mr Bean menjadi "seorang anak dalam tubuh pria dewasa" ketika ia berada di Universitas Oxford bersama dengan pembuat film Richard Curtis.

Mr Bean, awalnya disiarkan pada 1990-an sebelum berubah menjadi serial animasi, dan kini telah berkembang dalam skala global dengan 96 juta pengikut Facebook dan penggemar utama di seluruh India, Brasil, dan Indonesia.

Mr Bean juga merayakan peringatan 30 tahun pada tahun 2020.

ILM ini koordinir oleh Project Everyone, sebuah lembaga nirlaba yang dirancang oleh Richard Curtis dan bekerja untuk UN’s Sustainable Development Goals.

“Kami senang dapat bekerja dengan WHO untuk sketsa Mr Bean ini dan untuk mendukung pengiriman pesan kesehatan seputar COVID-19," kata Richard Curtis.

Selain karakter Mr Bean, pemain sepak bola asal Portugis, Christiano Ronaldo dan Melani Trump juga ikut aktif mengampanyekan soal COVID-19.

Melania Trump pernah membintangi iklan televisi dalam bentuk kampanye ajakan kepada masyarakat Amerika untuk mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

Sedangkan Ronaldo mengunggah dua fotonya memakai masker dengan lambang dua negara yang berbeda yakni Portugal dan Italia.

Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan lainnya dari Maria Nanda Ayu Saputri

tirto.id - Kesehatan
Kontributor: Maria Nanda Ayu Saputri
Penulis: Maria Nanda Ayu Saputri
Editor: Nur Hidayah Perwitasari