WhatsApp Web Video Call dan Cara Melakukan Panggilan Lewat Desktop

Oleh: Fatimah Mardiyah - 9 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Agar cara WhatsApp web video call termasuk melalui aplikasi WA desktop, ikuti 7 langkah sederhana ini. Berikut panduan dan penjelasannya.
tirto.id - Whatsapp web video call adalah sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan panggilan video melalui WA, baik via aplikasi desktop maupun web browser. Video call WhatsApp web menjadi tool favorit pengguna lantaran untuk melakukannya tidak membutuhkan aplikasi tambahan, hanya melalui web browser.

WhatsApp web adalah sebuah cara yang dihadirkan oleh Facebook, induk WA, dalam menjawab kebutuhan pengguna WA yang ingin menggunakan tool pesan instan ini pada perangkat selain aplikasi di ponsel. Alhasil, pengguna pun bisa memakai PC atau laptop, melalui laman web via browser.

Karena WhatsApp bisa video call tentunya fitur ini juga hadir di WhatsApp web. Pengalaman yang dirasakan pengguna pun tidak jauh berbeda, saat mereka menggunakan fitur panggilan video baik melalui aplikasi pada ponsel maupun WhatsApp web.

WhatsApp Web Video Call


Video call
atau panggilan video menjadi fitur yang sangat marak digunakan akhir-akhir ini.

Dikutip dari laman BBC, Facebook mengatakan bahwa jumlah video call di Messenger meningkat dua kali lipat sejak 2019, khususnya di daerah-daerah yang terjangkit COVID-19.

Pada saat pandemi, kegiatan tatap muka yang mengundang banyak orang sangat tidak dianjurkan. Namun, dengan video call, kegiatan belajar mengajar, rapat, dan hal serupa lainnya tetap dapat dilakukan.

Hal tersebut pun membuat para perusahaan yang menyediakan jasa dan layanan digital berlomba-lomba dalam memberikan fitur dan akses yang terbaik bagi masyarakat. Perkembangan terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat di situasi sekarang ini.

Whatsapp, sebagai salah satu aplikasi messenger terbesar di dunia, tidak ingin ketinggalan. Aplikasi yang terkenal dengan fitur pesan dan telepon berbasis internet ini terus mengembangkan fitur yang sedang marak digunakan masyarakat, yaitu video call.

Pada awalnya, Whatsapp hanya memberi kapasistas untuk empat orang dalam sebuah ruang video call. Whatsapp pun mengabarkan bahwa kapasitasnya ditambah menjadi delapan orang.

Tidak hanya di smartphone, Whatsapp pun terus mengembangkan bentuk Web atau Desktopnya.

Whatsapp Web adalah Whatsapp yang diakses melalui web browser, sedangkan Whatsapp Dekstop adalah Whatsapp yang diakses melalui aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh di laptop atau komputer Anda.

Walaupun tidak memiliki fitur video call secara langsung, Whatsapp Web/Desktop tetap dapat melakukan video call via Messenger Rooms.

Messenger Rooms sendiri telah mengembangkan fiturnya dan dapat menampung 50 orang sekaligus dalam sebuah ruang video call.

Dikutip dari laman Forbes, hal tersebut Facebook lakukan dalam rangka menyaingi para kompetitornya, seperti Zoom dan Google Meet.

Jelas bahwa hal tersebut akan memudahkan kita dalam melakukan video call, khususnya melalui komputer atau desktop.

Cara WhatsApp Web Video Call


Dilansir dari laman resmi Whatsapp, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat sebuah ruang video call di Whatsapp Web/Desktop via Messenger Rooms:

  1. Buka aplikasi Whatsapp di laptop/komputer Anda atau akses laman Whatsapp di web browser.
  2. Klik opsi 'attach' atau yang memiliki gambar atau ikon klip. Opsi tersebut berada di deretan atas sebelah kanan.
  3. Setelah klik opsi tersebut, pilih opsi 'Room' atau yang memiliki gambar atau ikon kamera video. Opsi tersebut berada di urutan terakhir.
  4. Setelah itu, akan ada tampilan yang muncul. Silahkan klik 'Continue in Messenger'.
  5. Anda pun akan dipindah secara otomatis ke laman Forum Messenger. Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi username dan sandi dari akun Facebook atau Messenger pribadi.
  6. Jika belum memiliki akun Facebook atau Messenger, silahkan mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu.
  7. Setelah itu, Anda sudah bisa membuat sebuah ruang video call melalui Messenger Rooms.

Anda pun dapat menyebarkan link video call tersebut dengan menyalin alamat link dan menyebarkannya melalui Whatsapp chat.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Fatimah Mardiyah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Fatimah Mardiyah
Penulis: Fatimah Mardiyah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight