WhatsApp Memungkinkan Transfer Data Percakapan antara iOS & Android

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 13 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
WhatsApp merilis fitur yang memungkinkan migrasi riwayat obrolan saat pengguna mengganti ponsel yang berbeda sistem operasi.
tirto.id - WhatsApp telah menambahkan fitur baru yang memungkinkan perpindahan riwayat percakapan antar sistem operasi, dari iOS ke Android. Riwayat yang bisa dilakukan pemindahan mencakup semua catatan suara, foto, dan percakapan. Fitur migrasi percakapan biasa dilakukan sewaktu pengguna memindahkan akun WhatsApp pada ponsel berbeda.

Melansir situs The Verge, WhatsApp saat ini memberikan fitur tersebut pada Samsung Z Fold 3 dan Z Flip 3. Dalam beberapa pekan mendatang dikabarkan ponsel Samsung lainnnya juga memperoleh fitur ini. Namun, belum ada kabar apakah fitur transfer data riwayat antara iOS dan Android ini, juga akan tersedia di semua perangkat dalam waku dekat.

Keberadaan fitur tersebut akan meringankan rasa frustrasi yang dialami pengguna yang mengganti gawainya dengan ponsel yang berbeda sistem operasi. Masalahnya terletak pada penyimpanan cloud yang berbeda antara iOS dan Android. Pengguna gawai iOS memiliki data tersimpan di iCloud, sementara Android ada di Google Drive.

Perbedaan lokasi penyimpanan inilah membuat proses transfer riwayat percakapan menjadi sulit untuk dilakukan. Sebab, transfer percakapan baru berjalan dengan sistem operasi yang sama.

Menurut situs NDTV, saat ini proses transfer percakapan baru bisa berjalan searah dari iOS ke Android. Tapi, ke depannya akan dibuat bekerja dua arah sehingga dari Android juga bisa melakukan transfer riwayat ke iOS.

Kendati demikian, migrasi riwayat percakapan tidak bisa dilakukan melalui internet. Mengutip GSM Arena, perangkat iOS dan Android mesti tersambung secara fisik memakai kabel USB tipe dan ke Lightning. Dari situ, migrasi bisa dilakukan.

Catatan lainnya adalah, apabila pengguna mempunyai lebih dari satu cadangan cloud pada riwayat WhatsApp, maka semua cadangan ini tidak bisa digabungkan. Setiap data yang migrasi akan menimpa cadangan lain yang sudah ada di dalam perangkat. Oleh sebab itu, perlu cermat dalam memilih file cadangan yang hendak dimigrasikan.

WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang cukup digandrungi lebih dari satu dekade. Aplikasi ini memberikan fiur penyimpanan riwayat percakapan, foto, dan video ke dalam penyimpanan lokal. Dengan fitur ini, pengguna bisa memulihkan riwayat saat diperlukan.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight