WhatsApp di Windows Phone Tak Bisa Dipakai Usai 31 Desember 2019

Oleh: Ibnu Azis - 5 Desember 2019
WhatsApp per 1 Januari 2020 tak dapat dipakai di smartphone Windows Phone.
tirto.id - WhatsApp di Windows Phone tidak akan bisa dipakai setelah tanggal 31 Desember 2019.

Hal itu terjadi lantaran WhatsApp per tanggal tersebut tak lagi mendukung ponsel yang menjalankan sistem operasi (OS) Windows Phone.

"Ini adalah keputusan yang sangat sulit kami buat, namun ini juga merupakan keputusan yang tepat," pernyataan WhatsApp di laman blognya.

WhatsApp sebenarnya telah mengumumkan kabar ini pada 26 Februari 2016 silam yang dimutakhirkan pada 7 Mei 2019.

Alasannya WhatsApp setop dukungan kepada Windows Phone lantaran ingin fokus pada perangkat yang digunakan oleh mayoritas pengguna.

"Kami ingin memfokuskan usaha pada platform seluler yang digunakan oleh mayoritas orang-orang," penjelasan WhatsApp.


Windows Phone merupakan sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft, pengganti platform Windows Mobile, dirilis pada 21 Oktober 2010.

Windows Phone digantikan dengan Windows 10 Mobile pada 2015, yang membawa segudang fitur baru termasuk dukungan untuk antarmuka tablet.

Melansir CNBC, Microsoft pada Januari 2019 mengumumkan dukungan untuk Windows 10 Mobile akan berakhir pada 10 Desember 2019. Penggunanya diminta untuk migrasi ke iOS atau Android.

Sebelumnya, WhatsApp pada awal tahun 2019 telah mengumumkan bahwa Nokia S40 tak lagi mendukung aplikasi pesan instan tersebut per 31 Desember 2018.

WhatsApp juga mengingatkan penggunanya bahwa per 1 Februari 2020, Android versi 2.3.7 maupun iPhone iOS 7 dan yang lebih lama, juga tidak lagi didukung.

"Jika Anda menggunakan salah satu dari perangkat seluler yang terkena dampak dari keputusan kami ini, kami merekomendasikan agar Anda meningkatkan [perangkat ke versi yang lebih baru]," imbau WhatsApp sebagaimana dikutip dari Techradar.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight