Kabar ini berdasarkan juru bicara perusahaan WhatsApps kepada Reuters, dikutip Antara Sabtu (19/12/2020).

Fitur panggilan melalui layar yang lebih luas ini dinilai akan membuat WhatsApp setara dengan platform konferensi video Zoom dan Google Meet, namun tidak jelas apakah mereka berambisi untuk bersaing dengan keduanya.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, WhatsApp berada di urutan kedua setelah aplikasi perusahaan induknya Facebook, namun sebagian besar digunakan untuk panggilan pribadi, tidak seperti Zoom atau Google Meet.


WhatsApp mengatakan telah meluncurkan fitur tersebut ke beberapa pengguna desktop sebagai uji coba, langkah yang pertama kali dilaporkan oleh blog teknologi WABetaInfo.

Gelombang kedua virus corona telah memaksa banyak orang di seluruh dunia untuk tetap tinggal di rumah dan merencanakan pertemuan dengan teman dan keluarga melalui internet. Platform konferensi video Zoom telah mengumumkan untuk menghapus batas waktu 40 menit bagi pengguna akun gratis untuk semua panggilan secara global selama musim liburan.

Langkah serupa juga diambil Google Meet di mana pengguna gratis tidak perlu membatasi percakapan 60 menit hingga Maret.

Google Meet dan Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan orang-orang saat physical distancing karena pandemi virus corona COVID-19. Biasanya Zoom digunakan di antara kalangan para pekerja untuk melakukan meeting secara online.

Pada tahun ini, Google Meet merilis fitur baru, yaitu tampilan mirip platform telekonferensi video Zoom yang menampilkan 16 peserta sekaligus dalam satu layar.

Sebelumnya, Google Meet hanya memungkinkan tampilan empat peserta dalam layar, sehingga pembaruan tersebut menjadi peningkatan signifikan, meskipun aplikasi Zoom saat ini bahkan dapat menampilkan 49 peserta sekaligus dalam layar.

Penambahan fitur tersebut, menurut Director of Product Management, Google Meet, Voice & Calendar, Smita Hashim, dikarena semakin banyak orang yang terhubung di Google Meet setiap harinya, dan empat fitur baru yang dirilis diharap dapat membuat pengguna menjadi lebih produktif.