WhatsApp Akan Berhenti Beroperasi untuk Pengguna iOS 10 dan iOS 11

Kontributor: Nurul Azizah - 24 Mei 2022 09:38 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pengguna iPhone 5s, iPhone 6 atau iPhone 6s hingga iOS12 tidak perlu khawatir karena aplikasi WhatsApp tetap bisa Anda gunakan.
tirto.id - WhatsApp akan berhenti beroperasi pada handphone iOS 10 dan iOS 11. Dikutip dari laman Times of India, laporan dari WA Beta Info menyebutkan bahwa perusahaan mereka sedang memperingatkan pengguna iPhone iOS 10 dan iOS 11 agar meng-update iPhone-nya jika tetap ingin menggunakan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022.

Apabila ponsel tidak sesuai dengan spesifikasi, maka akun WhatsApp pengguna mungkin akan keluar secara otomatis dan mungkin tidak bisa masuk lagi dari perangkat yang saat ini tidak didukung iOS nya.

Selain itu, jika pengguna berpindah dari perangkat berbasis iOS lama ke platform handphone lain, maka riwayat chat tidak akan dapat dipulihkan.

Jika Anda cukup bingung untuk mengetahui spesifikasi handphone, Anda dapat memeriksanya pada fitur setting handphone.

Pada handphone versi Android, pengguna dapat membuka aplikasi Pengaturan di ponsel Android, kemudian scroll ke bawah untuk menemukan opsi tentang ponsel. Ketuk untuk membuka sub-bagiannya dan cari opsi 'Versi Android'. Sementara itu, pada iOS, cukup membuka aplikasi Pengaturan, lalu menuju ke Umum/Tentang/Versi Perangkat Lunak.

Seri iPhone yang masih bisa gunakan WhatsApp



Pengguna iPhone 5s, iPhone 6 atau iPhone 6s hingga iOS12 tidak perlu khawatir karena aplikasi WhatsApp tetap bisa Anda gunakan. Hal ini dinyatakan dalam halaman FAQ ‘We support iOS12 or newer, but we recommend using the latest version available,” ungkapnya.

Dilansir dari laman Express.co, kebijakan WhatsApp ini merupakan wujud langkah pembaruan banyak hal dari waktu ke waktu dengan sistem operasi yang lebih lama terkadang kehilangan kompatibilitas dengan platform. Pihak WhatsApp memberikan penjelasan mengenai permberhentian layanan untuk seri handphone tertentu.

"Untuk memilih apa yang akan dihentikan dukungannya, setiap tahun kami, seperti perusahaan teknologi lainnya, melihat perangkat dan perangkat lunak mana yang paling tua dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit. Perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru, atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp."

Jika Anda sangat membutuhkan WhatsApp dan seri handphone Anda tidak didukung oleh WhatsApp, maka Anda memiliki sisa waktu lima bulan sebelum Anda perlu membeli sesuatu yang baru.

Dikutip dari laman Express.co, berikut adalah semua iPhone yang kompatibel dengan iOS 12 dan yang lebih baru:

-iPhone 5S

-iPhone 6/6 Plus

-iPhone 6S/6S Plus

-iPhone SE (generasi ke-1)

-iPhone 7/7 Plus

-iPhone 8/8 Plus

-iPhone X

-iPhone XS/XS Max

-iPhone XR

-iPhone 11

-iPhone 12

-iPhone 13


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight