Waspadai Penyakit Turunan dalam Keluarga: Jantung hingga Obesitas

Oleh: Dhita Koesno - 16 Desember 2020
Dibaca Normal 3 menit
Daftar penyakit turunan manusia yang perlu diwaspadai, jantung, diabetes, hingga obesitas.
tirto.id - Tubuh sehat dan bebas penyakit tentu menjadi impian semua orang. Namun, sehat dan bebas penyakit kemungkinan tidak bisa terjadi jika ada keluarga memiliki penyakit tertentu dan penyakit tersebut turun ke Anda.

Menurut Health Grades, penyakit keturunan disebabkan oleh mutasi genetik. Biasanya istilah "keturunan" dan "genetik" digunakan secara bergantian saat merujuk pada penyakit yang diturunkan.

Tetapi penyakit genetik juga merupakan hasil dari mutasi gen, penyakit itu mungkin diturunkan atau tidak. Mutasi ini terjadi secara acak atau karena faktor lingkungan.

Sementara itu, dikutip dari Farmaku, penyakit keturunan sering kali dideskripsikan sebagai penyakit yang "menurun dalam keluarga".

Penyakit tersebut diturunkan dari satu atau kedua orang tua kepada seorang anak, yang kemudian dapat diteruskan kepada anak-anaknya.

Daftar Penyakit Keturunan Keluarga


Berikut ini beberapa penyakit turunan dalam keluarga seperti dilansir laman Medicine Net :

1. Penyakit jantung

Ilustrasi Takotsubo
Ilustrasi takotsubo. Getty Images/iStockphoto


Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian yang dapat menimpa siapa saja. Ada banyak jenis penyakit jantung. Dua jenis penyakit jantung yang paling umum adalah penyakit arteri koroner (CAD) dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Penyakit CAD terjadi karena kombinasi gen, pilihan gaya hidup, dan lingkungan. Bagi sebagian orang, pola makan yang lebih sehat dan lebih banyak aktivitas dapat mengubah kadar kolesterol dan menurunkan risiko.

Sementara untuk gen tidak dapat diubah, sehingga beberapa orang memerlukan obat untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Sedangkan tekanan darah tinggi umumnya terjadi karena jantung bekerja terlalu keras. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan gagal ginjal, serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya

Riwayat tekanan darah tinggi dalam keluarga meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi di usia muda. Selain itu, juga dapat meningkat seiring bertambahnya usia, kelebihan berat badan, atau memiliki riwayat keluarga hipertensi.

2. Penyakit Alzheimer

Ilustrasi alzheimer
Ilustrasi alzheimer [Foto/Shutterstock]


Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan kemampuan otak menjadi lambat, ditandai dengan gangguan memori dan akhirnya mengganggu penalaran, perencanaan, bahasa, dan persepsi.

Banyak ilmuwan percaya bahwa penyakit Alzheimer terjadi akibat peningkatan produksi atau akumulasi protein tertentu (beta-amyloid protein) di otak yang menyebabkan kematian sel saraf.

3. Radang Sendi

Asam Urat
Ilustrasi asam urat. Getty Images/iStockphoto


Peradangan pada salah satu atau lebih sendi, menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring usia.

Berbagai jenis artritis yang ada, masing-masing dengan penyebab yang berbeda termasuk keausan, infeksi, dan penyakit yang mendasarinya.

Gejalanya meliputi nyeri, pembengkakan, rentang gerak yang berkurang, dan kekakuan.

Obat, terapi fisik, atau terkadang operasi membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup

4. Diabetes

Ilustrasi Diabetes pada Perempuan
Ilustrasi diabetes pada perempuan. Getty Images/iStockphoto


Diabetes adalah kondisi kronis yang terkait dengan kadar gula (glukosa) yang sangat tinggi dalam darah. Insulin yang diproduksi oleh pankreas menurunkan glukosa darah.

Ketiadaan atau produksi insulin yang tidak mencukupi, atau ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin dengan benar menyebabkan diabetes.

Ada dua tipe diabetes yakni Diabetes tipe 1, suatu kondisi kronis saat pankreas memproduksi insulin sedikit atau tidak sama sekali.

Kondisi ini biasanya muncul saat masa remaja, gejala di antaranya rasa haus meningkat, sering buang air kecil, lapar, lelah, dan penglihatan kabur.

Kemudian diabetes tipe 2, Suatu kondisi kronis yang memengaruhi cara tubuh memproses gula darah (glukosa), tipe ini tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau menolak insulin.

Gejalanya sama dengan diabetes tipe 1, namun pada beberapa kasus, tidak ada gejala.

5. Kanker

Ilustrasi Kanker Payudara
Ilustrasi kanker payudara. Getty Images/iStockphoto


Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan penyebaran sel abnormal.

Meskipun risiko terkena kanker meningkat seiring bertambahnya usia, namun faktor genetik dan lingkungan juga menyebabkan orang berada pada risiko lebih tinggi untuk jenis kanker tertentu.

Beberapa kanker yang paling umum adalah kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

6. Obesitas

Ilustrasi obesitas
Ilustrasi obesitas. FOTO/Istockphoto


Obesitass adalah gangguan di mana lemak tubuh berlebihan dan meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Obesitas sering kali terjadi karena kalori yang masuk lebih banyak daripada yang dibakar melalui olahraga dan kegiatan normal sehari-hari.


Baca juga artikel terkait PENYAKIT KETURUNAN atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight