Warga Temukan Surat Baiat di Dinding Rumah Agus Wiguna

Reporter: Yandri Daniel Damaledo - 9 Jul 2017 17:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Surat baiat tersebut ditemukan oleh warga di kontrakan Agus Wiguna yang kemudian surat tersebut difoto oleh warga.
tirto.id - Sebuah surat baiat ditemukan oleh warga di sekitar kediaman pelaku perakit bom panci di Sekejati Kota Bandung. Surat tersebut ditempel di dinding rumah kontrakan yang dihuni Agus Wiguna.

Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, penemuan itu didapatkan saat ia bersama warga lain yang mendengar suara ledakan di kontrakan yang didiami Agus kemudian langsung mengecek lokasi dan menemukan surat baiat di dinding.

"Di dinding kamarnya ada surat menempel berupa baiat," ujarnya saat ditemui di sekitar lokasi kejadian, Minggu (9/7/2017).

Dirasa ada kejanggalan, warga kemudian memfoto surat baiat tersebut. Dalam isi surat tersebut berisi seruan untuk berjihad.

Berikut isi surat tersebut:

DEMI ALLAH DAN RASULULLAH SAYA SELAKU HAMBA ALLAH DAN UMAT RASULULLAH UNTUK IKUT SERTA DALAM TEGAKNYA DIN ALLAH YANG KAFFAH SESUAI SUNAH RASULULLAH MENUMPAS KEDZALIMAN DAN KESYIRIKAN DENGAN INI SAYA BERSIKERAS UNTUK SELALU

1. BERTAKWA KEPADA ALLAH DALAM MENJALANKAN TAUHID INI BAIK DALAM SUSAH SENANG SEMANGAT MALAS LAPANG MAUPUN SEMPIT

2. SAYA BERBAIAT KHILAFAH DAULAH ISLAMIYAH ABUBAKAR AL BAGDADI UNTUK PATUH DAN TAAT KEPADA PERINTAHNYA BAIK DALAM KEADAAN SENANG SEDIH SUSAH LAPANG ATAUPUN SEMPIT SAYA TIDAK MUNGKIN MEREBUT KEKUASAAN DARI NYA/PEMILIKNYA

3. DALAM WAKTU INI SAYA BERTEKAD UNTUK BERLATIH MENGHAFAL DALIL HADIST DAN QURAN BERLATIH BELADIRI YANG DIKUASAI OLAH RAGA JASMANI DAN ROHANI BERUSAHA MENJALANKAN SUNAH RASULULLAH

Saat dikonfirmasi mengenai kebenaran surat tersebut, Wakapolda Jabar membenarkan temuan surat tersebut. Namun polisi masih menyelidiki apakah tulisan itu dibuat sendiri olehnya atau bukan.

"Masih kita kroscek belum kita dapatkan dari hasil interograsi tulisan-tulisan dia, apakah betul tulisan dia atau tulisan orang lain," kata dia.

Baca juga artikel terkait BOM PANCI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight