Warga Padati Objek Wisata Jakarta, dari Kota Tua hingga Monas

Oleh: Yantina Debora - 6 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tempat wisata di Jakarta dipadati warga pada hari kedua Lebaran 2019
tirto.id - Pengunjung memadati sejumlah objek wisata di Jakarta mulai dari Kawasan wisata Kota Tua hingga Monumen Nasional pada hari kedua Lebaran, Kamis (6/6/2019).

Destinasi wisata lainnya yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Prasasti dan Museum Joang 45. Kemudian Museum MH. Thamrin, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Museum Taman Arkeologi Onrust.

Selanjutnya Museum Rumah Si Pitung dan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Kawasan Kota Tua, Kawasan Taman Ismail Marzuki, Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah, Lapangan Banteng dan Tugu Proklamasi.

Dikutip dari Antara, sejumlah warga memadati kawasan Monumen Nasional atau Monas yang terletak di Jakarta Pusat itu. Para wisatawan terlihat antre untuk naik ke Puncak Monas.

Qonita (14) yang berasal dari Tangerang, Banten, memilih Monas sebagai tempat rekreasinya. Hal itu dikarenakan biayanya yang terjangkau dan mudah diakses.

"Habis dari Monas lanjut ke Museum Nasional dan Kota Tua," kata Qonita.

Keesokan harinya, ia berencana pergi ke Taman Margasatwa Ragunan bersama teman-temannya. Pada hari pertama Lebaran 2019, ia dan keluarganya berangkat ke Ragunan. Akan tetapi ia harus menelan kecewa karena Ragunan tutup pada hari pertama Lebaran.


Kawasan wisata Kota Tua, juga dipadati pengunjung. Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Norviadi Setio Husodo mengatakan jumlah pengunjung kawasan wisata Kota Tua pada hari kedua perayaan Idulfitri 1440 H mencapai lebih dari 50.000 pengunjung.

"Pada hari kedua Lebaran ini ada peningkatan pengunjung yang signifikan, kemarin sudah mulai dihitung. Kemarin pada tanggal 5 Juni, hari pertama Lebaran, pengunjung sudah mencapai 30.000 lebih dan sekarang ini bisa mencapai 50.000 orang lebih," ujar Norviadi.

Norviadi menjelaskan bahwa pada hari pertama Lebaran 2019, yakni pada Rabu (5/6/2019), museum-museum di kawasan Kota Tua masih tutup sehingga para pengunjung hanya dapat berkunjung dan beraktivitas di kawasan taman Kota Tua.

Hari kedua Lebaran berbagai museum di Kawasan Wisata Kota Tua sudah dibuka dan jam buka diperpanjang mulai pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam dibandingkan sebelumnya hanya sampai pukul 17.00 sore," ungkap Norviadi.

Perpanjangan waktu buka museum-museum di kawasan Kota Tua itu berdasarkan peraturan baru Gubernur DKI Jakarta dan diberlakukan mulai tanggal 6 Juni 2019 hingga seterusnya.

Museum yang dapat dikunjungi di kawasan Kota Tua, yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, dan yang terbaru Museum Magic Art 3D.

Baca juga artikel terkait IDUL FITRI 1440 H atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Maya Saputri
DarkLight