Warga Halmahera Selatan Menuju Bukit Usai Gempa M7 Maluku Utara

Oleh: Zakki Amali - 8 Juli 2019
Warga Desa Mafa, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara merasakan gempa sekitar 1 menit.
tirto.id - Sejumlah warga pesisir pantai di Desa Mafa, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara menyelamatkan diri ke dataran tinggi Gunung Wale, Senin (8/7/2019) pukul 01.30 WIT.

Hal ini terjadi usai gempa magnitudo 7,0 mengguncang wilayah barat daya Ternate, Maluku Utara, Minggu (7/7/2019). Menurut BMKG gempa dengan kedalaman 36 kilometer ini berpotensi tsunami.

Hairil Abdul Rahim, warga setempat mengatakan, gempa terasa sekitar 1 menit. Saat ini warga menuju dataran tinggi.

"Sebagian besar berkumpul di Gunung Wale, Desa Mafa dan sisanya mengungsi di rumah keluarga mereka dekat Gunung Wale," kata Hairil lewat telepon kepada Tirto, Senin (8/7/2019) dini hari.

Ia menyebutkan, pemukiman warga Desa Mafa berada di pesisir. Warga, kata dia, panik setelah terjadi gempa. Mereka lalu mengungsi setelah ada informasi dari petugas BPBD di desa setempat.

Dari rekaman video Hairil yang diterima Tirto, warga tampak menuju dataran tinggi dengan berjalan kaki dan kendaraan bermotor.


Baca juga artikel terkait GEMPA TERNATE atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Zakki Amali
Editor: Addi M Idhom
DarkLight