Warga Berdesakan Berebut Pembagian Ayam Gratis di Yogyakarta

Oleh: Irwan Syambudi - 26 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum dibagikan, panitia terlebih dahulu membagikan kupon. Namun pembagian kupon berlangsung tidak kondusif, hingga akhirnya panitia menyebar kupon dan warga berebut.
tirto.id - Aksi bagi-bagi ayam gratis oleh Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) nyaris ricuh, ribuan warga berdesakan berebut ayam yang hendak dibagikan menggunakan kupon.

Di salah satu titik pembagian ayam di Yogyakarta yakni di Jalan Ipda Tut Harsono atau timur Balai Kota Yogyakarta pada Rabu (26/6/2019) warga mulai mengantre sejak pukul 12.00 WIB.

Sebelum dibagikan, panitia terlebih dahulu membagikan kupon. Namun pembagian kupon berlangsung tidak kondusif, hingga akhirnya panitia menyebar kupon dan warga berebut.

Sekitar pukul 13.30 WIB, ayam mulai dibagikan. Sebanyak 1.000 lebih ayam yang ada dalam mobil bak terbuka dikerumuni warga. Akhirnya warga pun berebut tanpa lagi menggunakan kupon untuk mengambil ayam.

"Saya dapat kupon tapi malah tidak dapat [ayam] tadi berdesakan rebutan," kata Sutini, warga Kampung Miliran, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta saat ditemui Rabu (26/6/2019).

Tak hanya Sutini, sebagian besar ibu-ibu yang ikut mengantre banyak yang tak mendapatkan ayam meski memegang kupon yang sedianya dapat ditukar ayam.

Parinah yang juga warga Kampung Miliran mengaku tak mendapatkan ayam gratis lantaran kalah berebut dari warga yang lain. Iya ikut berdesakan hingga nyaris jatuh, tetapi harus rela pulang dengan tangan hampa.

"Ini bagaimana yang dapat kupon kok malah tidak dapat. Antre dari jam 12 tapi malah ayamnya dilempar-lempar," kata Parinah.

Ketua Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) Hari Wibowo mengatakan aksi bagi-bagi ayam gratis ini sebetulnya merupakan protes terhadap timpangnya harga ayam di tingkat peternak. Saat ini harga ayam di tingkat peternak hanya Rp8.000 sampai Rp9.000 per kilogram.

Padahal di pasaran pedagang menjual ayam kepada konsumen per kilogramnya masih berkisar Rp29.000 sampai Rp30.000. Hal ini tentu membuat para peternak merugi sehingga kemudian melakukan aksi bagi-bagi ayam.

"[Bagi-bagi ayam gratis] kita jelas rugi tapi dari pada rugi itu dipikul sendiri lebih baik rugi kita itu bisa tersampaikan ke masyarakat," katanya.

Saat pembagian ayam tersebut, Hari sudah meminta masyarakat agar sabar mengantre dan tidak berebut.

"Mohon antrenya jangan berjubel jangan menimbulkan permasalahan baru buat peternak yang sudah merugi," katanya.

Aksi bagi-bagi ayam di Yogyakarta ini kata Hari dilakukan di empat titik selain di timur Balai Kota Yogya, juga dilakukan di Kridosono, Parkir Sriwedari, Alun-Alun Utara.

Total ayam yang dibagikan ke masyarakat kata Hari ada sekitar 6.500 ekor.


Baca juga artikel terkait HARGA AYAM atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight