Wapres Minta Masyarakat Saling Memaafkan Usai Pilkada

Oleh: Alexander Haryanto - 15 Mei 2017
Usai Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu, warga seakan terbelah dalam mendukung salah satu calon gubernur dan menyudutkan yang lain dengan berbagai isu, terutama di media sosial.
tirto.id - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meminta semua elemen masyarakat bersatu kembali mengingat adanya perpecahan yang ditimbulkan oleh Pilkada DKI Jakarta, ia meminta masyarakat untuk kembali ke tujuan kebangsaan yaitu menuju masyarakat yang adil dan makmur.

"Jangan karena pilkada menyebabkan keadaan bangsa kita seperti ini. Pilkada sudah selesai, artinya persoalan juga dianggap selesai," kata Wapres di rumah dinasnya di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Jusuf Kalla juga berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa semakin maju dan masyarakat bersatu.

Untuk diketahui, usai Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu, warga seakan terbelah dalam mendukung salah satu calon gubernur dan menyudutkan yang lain dengan berbagai isu, terutama di media sosial.

Menanggapi hal itu, Wapres pun meminta masyarakat agar saling memaafkan dan tidak memperpanjang lagi masalah itu. "Kita saling memaafkan tidak usah lagi kita persoalkan. Kalau mau memperpanjang tidak akan pernah habis karena bangsa ini besar," kata Wapres yang tengah merayakan hari ulang tahun ke-75 itu.

Wapres berharap kepada masyarakat agar kandidat yang menang dalam Pilkada DKI Jakarta, yaitu Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, harus diberi ucapan selamat. Dan yang kalah, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat juga tetap harus dihargai dan dihormati.

"Sehingga tidak menimbulkan kalah menang. Juga seluruh masyarakat kembali bersatu melupakan perbedaan-perbedaan karena agama, suku, dan bangsa. Mari kita bersatu," ujarnya dikutip dari Antara.

Wapres merayakan ulang tahunnya di kediaman dinas secara sederhana dihadiri keluarga, kerabat, sejumlah sahabat, serta tokoh nasional. Wapres menyampaikan rasa syukurnya tetap sehat dalam usia yang sudah mencapai 75 tahun. Ia juga mengajak semua untuk meningkatkan amal ibadah, baik agama, negara, bangsa, dan keluarga.

Baca juga artikel terkait PILGUB DKI JAKARTA 2017 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight