Wapres Ma'ruf Minta Pelaku Ekonomi Syariah Harus Paham Teknologi

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 7 Agustus 2020
Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus disertai dengan pengembangan teknologi digital, kata Wapres Ma'ruf Amin.
tirto.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan agar para pelaku di sektor ekonomi syariah harus bisa beradaptasi dengan perkembangan dan sistem teknologi terkini. Pelaku ekonomi syariah yang disebut Ma'ruf merujuk pada kinerja bank syariah di dalam negeri.

“Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah harus disertai dengan pengembangan ekonomi digital. Pelaku ekonomi syariah harus menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, sehingga pemanfaatan teknologi digital dan transaksi online menjadi mutlak diperlukan,” kata dia dalam pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 ke-7, Mutual Empowerment in Accelerating Sharia Economic Global Prosperity, Jumat (7/8/2020).

Ia menjelaskan, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus disertai dengan pengembangan teknologi digital. Hal tersebut dikarenakan aktivitas ekonomi saat ini mengalami perubahan, salah satunya karena dampak pandemi Covid-19.

Pada masa pandemi COVID-19 telah membuka peluang baru bagi pengembangan produk-produk halal di dalam negeri. Apalagi jika hal itu linear dengan upaya menjaga mutu dan kualitas dari produk-produk halal produksi dalam negeri tersebut. Khususnya dari aspek kesehatan dan higienitas.

“Dari sisi produk, dalam pemberlakuan tatanan baru, aspek kesehatan dan higienitas itu jadi hal mutlak. Sesungguhnya hal itu juga memberikan peluang besar bagi produk-produk halal di dalam negeri,” terang dia.

Maka dari itu, Ma'ruf pun menekankan kepada para pelaku usaha atau pelaku ekonomi dan keuangan syariah, harus ikut beradaptasi di masa pandemi COVID-19.

“Adaptasi itu kunci bagi kita untuk survive. Karena itu, saat ini saya minta kepada para pelaku ekonomi dan keuangan syariah, untuk beradaptasi mengikuti perubahan yang tengah terjadi agar tidak tertinggal,” kata dia.


Baca juga artikel terkait EKONOMI SYARIAH atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight