Wanna One Raih 4 Penghargaan Korea Popular Music Award 2018

Oleh: Syarifah Aini - 21 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Wanna One menyabet 4 penghargaan yaitu “Artist of the Year”, “Bonsang”, “the Olleh TV Best Artist Award”, dan “Popularity Award”.
tirto.id - Idol Group Wanna One meraih 4 penghargaan dalam ajang bergengsi Korea Popular Music Award 2018 yang digelar pada Kamis (20/12/2018) waktu setempat.

Group besutan CJ E&M ini menyabet 4 penghargaan yaitu “Artist of the Year”, “Bonsang”, “the Olleh TV Best Artist Award”, dan “Popularity Award”.

Di nominasi “Artist of the Year”, Wanna One menyisihkan 25 musisi. Sementara untuk kategori “Popularity Award” idol group yang beranggotakan 11 personel ini mengalahkan 24 musisi Korea Selatan.

Dari puluhan nominasi tersebut, Wanna One berhasil mengalahkan jajaran Idol Group kawakan seperti SHINee, BTOB, EXO, Red Velvet, dan masih banyak lagi.

Wanna One merupakan idol group yang dibuat program survival show bertajuk “Produce 101 Season 2” yang tayang di Mnet sejak 7 April hingga 16 Juni 2017.

Dari 101 trainee yang berasal dari berbagai macam agensi, 11 orang akhirnya berhasil dipilih oleh penonton melalui voting yang diumumkan secara langsung melalui televisi.

Sebelas personel tersebut yaitu, Yoon Ji-Sung, Ha Sung Woon, Hwang Min-hyun, Ong Seong-wu, Kim Jae-hwan, Kang Daniel, Park Ji-hoon, Park Woo-jin, Bae Jin-young, Lee Dae-hwi, dan Lai Kuan-lin.

Setelah terpilihnya dari program acara tersebut, Wanna One menandatangani kontrak dengan YMC Entertaiment dan memulai debutnya pada 7 Agustus 2017 dengan menggelar acara bertajuk “Wanna One Premier Show-Con”. Acara ini dilaksanakan di Gocheok Sky Dome, Korea Selatan.

Sehari setelahnya, yaitu pada 8 Agustus 2017, Wanna One merilis album mini berjudul “1x1=1 (To Be One)” dengan single utamanya bertajuk “Energetic”. Dilansir dari Soompi (5/9/2018), lagu tersebut berhasil menguasai tangga lagu musik Korea dan bertahan menjadi No.1 selama lebih dari 3 minggu.

Selain membawa pulang penghargaan dalam ajang penghargaan musik KPMA 2018, Wanna One juga mendapat penghargaan “Top 10 Artist” dan “Best Dance Male” dalam ajang Melon Music Award (MMA) pada 1 Desember 2018 lalu.

Sementara pada ajang penghargaan Mnet Asia Music Award (MAMA) Premier 2018, Idol Group ini meraih penghargaan “DDP Best Trend Award” (10/12/2019). Sementara pada ajang MAMA 2018 yang dilaksanakan di Hongkong, Wanna One meraih penghargaan untuk kategori “Best Male Group”.

Setelah melakukan masa promosi selama 1 tahun, pada 31 Desember mendatang Idol Group yang kini berada di bawah asuhan Swing Entertaiment ini akan resmi dibubarkan.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Penulis: Syarifah Aini
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight