Wamenkeu Sebut Infrastruktur Jadi Kunci Pertumbuhan Jangka Panjang

Reporter: Dwi Aditya Putra - 2 Mar 2022 11:30 WIB
Suahasil sebut pembangunan infrastruktur menjadi salah satu kunci mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang.
tirto.id - Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara menyebut, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu kunci mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Karenanya, pemerintah dalam beberapa tahun terakhir, gencar melakukan pembangunan secara masif.

Multiplier effect itu kita yakini. Kalau kita lihat, kita membangun infrastruktur yang mendorong mobilitas, produktivitas, konektivitas, akses dan juga berkelanjutan antar generasi," kata Suahasil dalam Webinar Infrastruktur untuk Indonesa, di Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah memang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di seluruh penjuru Nusantara. Bukan hanya di pusat-pusat pertumbuhan yang selama ini sudah ada, bahkan juga masuk ke daerah yang dianggap akan masuk pusat-pusat pertumbuhan baru.

“Ini semua kita lakukan, kita ingin meningkatkan kesejahteraan dan pada saat bersamaan mendukung pemulihan ekonomi kita dari kondisi COVID-19," ujarnya.

Dia menambahkan, meski dalam dua tahun terakhir dihadapkan pada situasi pandemi COVID-19, namun pemerintah memastikan pembangunan infrastruktur tidak berhenti. Pemerintah memikirkan pembangunan yang bisa berdampak jangka pendek maupun jangka panjang.

“Dan dalam jangka menengah panjang memastikan kita tidak terperangkap dalam middle income trap,” kata dia.



Baca juga artikel terkait INFRASTRUKTUR atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Abdul Aziz

DarkLight