Waktu Buka dan Imsak Kota Malang dan Kab. Cilacap Hari Ini, Kamis, 23 Mei 2019

Oleh: Ibnu Azis - 22 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal imsakiyah dan waktu berbuka puasa di Kota Malang dan Kab. Cilacap pada puasa 18 Ramadan 1440H atau hari ini Kamis, 23 Mei 2019 dapat dicek di Tirto.id. Selain itu, Tirto.id menginformasikan tempat ngabuburit favorit di Kota Malang dan Kab. Cilacap berikut dengan menu buka dan sahur di dua kota tersebut.
tirto.id - Ibadah puasa ke-18 umat muslim di Kota Malang dan Kab. Cilacap pada hari ini Kamis, 23 Mei 2019 bertepatan dengan 18 Ramadan 1440H.

Warga muslim dan musafir Kota Malang sembari menunggu waktu buka atau sahur dapat mengunjungi lokasi favorit di Kota Malang. Salah satu tempat yang asyik di Kota Malang antara lain Kampung Jodipan, Alun-alun Kota Malang.

Makanan dan minuman seperti Orem-orem, bakso bakar, cwie mie Malang, rawon, Sego Goreng Mawut, Bakso Malang, Tahu Campur, Mendol, Angsle Malang, Es Durian Demplo menjadi beberapa menu bebuka maupun sahur di Kota Malang.

Saat adzan berkumandang, warga muslim atau para musafir yang sedang di Kota Malang dapat melakukan ibadah sholat subuh di Masjid Agung Kota Malang, Masjid Nurul Muttaqin, Masjid Ramadhan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jadwal buka-imsak untuk Kota Malang:







Sementara untuk Kab. Cilacap, umat muslim di kota ini dapat ngabuburit di Taman Kota Majenang, Danau Bojongrongga. Makanan atau minuman seperti Thempleng, Rempeyek Yutuk, Lanthing, Gembus, Tahu Masak, Tempe Dages, Salai Pisang, Brekecek, Krupuk Tengiri, Lepet, Lupis, Cenil menjadi salah satu menu khas di Kab. Cilacap, yang dapat jadi pilihan kuliner saat berbuka maupun santap sahur.

Umat muslim Kab. Cilacap, umumnya menunaikan ibadah salat subuh, zuhur, asar, magrib, termasuk isya berlanjut tarawih, di Masjid Agung Darussalam, Masjid DARUSSALAM KROYA, Masjid Al-Hikmah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jadwal buka-imsak untuk Kab. Cilacap:







Selain mengetahui waktu imsak, perlu kiranya umat muslim memahami keutamaan sholat tarawih. Menurut kitab Durratun Nasihin keutamaan shalat tarawih di bulan Ramadhan seperti diriwayatkan Ali bin Abi Thalib ra. Bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya seseorang mengenai fadhilah (keutamaan) sholat tarawih di bulan Ramadhan, maka beliau berkata “(fadhilah tarawih) di malam hari, maka beliau berkata “(fadhilah tarawih) di malam Ramadan ke-18 adalah berserulah seorang malaikat “wahai hamba, Allah telah ridha kepadamu dan kedua orang tuamu”.

Sebagai pelengkap ibadah Ramadan, berikut tausiah harian yang dikutip dari situs Nahdatul Ulama (NU).

Jarang orang tahu bahwa niat puasa bisa juga batal. Bila niatnya batal, maka otomatis dianggap tak berniat sehingga puasanya juga tidak sah.

Apa pembatal niat puasa itu?

Imam Nawawi menukil pernyataan al-Mutawalli yang membahas perihal batalnya niat ini sebagai berikut:

"Al-Mutawalli berkata di akhir masalah keenam dari masalah-masalah niat: ‘Apabila seseorang berniat di malam harinya kemudian memutus niat tersebut sebelum fajar maka hukum niatnya menjadi gugur sebab meninggalkan niat adalah lawan dari niat.’"

Dari keterangan itu diketahui bahwa pembatal niat puasa adalah mengurungkan niat sebelum subuh. Kasus seperti ini dapat terjadi bila misalnya ada orang yang sakit atau akan melakukan perjalanan jauh ragu apakah di esok harinya ia akan berpuasa atau tidak. Bila ia sebelumnya berniat puasa tetapi di saat terakhir kemudian mengurungkan niat tersebut, maka ia dianggap tak berniat. Andai di keesokan harinya ia tetap berpuasa, maka puasanya tidak sah.

Penulis: Abdul Wahab Ahmad

Sumber: NU Online http://www.nu.or.id/post/read/106458/waspadai-pembatal-niat-puasa





Baca juga artikel terkait JADWAL SHOLAT atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - )

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH