Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Positif COVID-19

Oleh: Bayu Septianto - 24 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Purnomo menjalani tes usab (swab test) yang pertama pada Jumat (17/7) pekan lalu, atau sehari setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta.
tirto.id - Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo dinyatakan positif terjangkit COVID-19 berdasarkan hasil tes usap yang diikutinya pada Sabtu (18/7) pekan lalu.

"Iya positif, saat ini beliau sedang menjalani isolasi mandiri," kata Kepala Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani di Solo, Jumat (24/7/2020) dilansir dari Antara.

Ia mengatakan usai mengikuti tes usap sendiri, Purnomo sempat mengikuti rapat paripurna dengan DPRD Kota Solo pada Rabu (22/7) dan rapat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Solo.

Bahkan, pada Kamis (16/7) pekan lalu, Purnomo memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, yakni menemui Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, nantinya akan ada tes usap hasil penelusuran kontak erat Purnomo.

"Hasilnya (tes usap Purnomo) keluar kalau tidak hari Rabu, Kamis. Namun sejak kemarin beliau sudah diminta istirahat, ini tadi juga tidak ikut mider projo," katanya.

Ia mengatakan penelusuran tidak dilakukan kepada semua yang berinteraksi dengan Purnomo namun hanya yang berkontak dekat dan erat.

Sementara itu, saat dihubungi Purnomo enggan menjelaskan statusnya. Ia meminta agar kondisinya langsung ditanyakan ke Dinas Kesehatan. Ia mengatakan sudah mengikuti tes usap sebanyak dua kali. Pertama ia lakukan pada hari Jumat (16/7) atau sehari usai ia bertemu Presiden Jokowi di Jakarta. Ia mengatakan pada tes usap pertama hasilnya negatif.

Sehari kemudian pada Sabtu (18/7), Purnomo mengatakan dirinya kembali mengikuti tes usap atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta.

"Kalau yang kedua hasilnya tendensi positif, jadi belum bisa disimpulkan," katanya.

Meski begitu, Purnomo mengaku hingga saat ini tidak ada keluhan yang dirasakannya.

Purnomo saat itu bertemu Jokowi, sehari sebelum DPP PDIP mengumumkan resmi mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wali kota pada Pilwalkot Solo.

DPP PDIP lebih memilih Gibran dibandingkan Purnomo yang sebelumnya juga berniat menjadi bakal calon wali kota Solo. Gibran dipasangkan dengan kader PDIP juga yang merupakan Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Bayu Septianto
DarkLight