Wakil Ketua MPR Minta Cina Bersikap Soal Kondisi Palestina

Oleh: Riyan Setiawan - 6 Mei 2019
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid meminta Cina agar bersikap dalam konflik Israel dan Palestina saat Ramadan.
tirto.id - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Indonesia (MPR), Hidayat Nur Wahid (HNW) turut prihatin dengan kondisi negara Palestina yang dihujani bom oleh Israel saat tengah melakukan sahur subuh tadi.

Ia meminta agar negara-negara yang jadi anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) seperti Cina untuk menjalani tugasnya dengan baik.

Hal ini ia sampaikan saat menerima Ketua Komisi Tetap Kongres Rakyat Nasional di Yibin Provinsi Sichuan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Mr. Lu Zhenhua beserta delegasinya.


Menurut dia, tindakannya yakni memberikan keamanan kepada warga Palestina yang tengah menjalani ibadah puasa selama bulan suci Ramadan.

"Hari ini tadi subuh saya sedang sahur, bukan dihujani dengan formal, tapi malah dihujani dengan bom dan peluru kendali dari Israel. tentu ini sangat biadab dan tidak menghormati masyarakat yang sedang beribadah puasa," ujar dia, saat di kompleks DPR RI, Senayan, Senin (6/5/2019).

Oleh karena itu, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS ini berharap kepada Cina, dengan memiliki posisi jabatan yang sangat kuat di PBB.

Agar segera mengambil tindakan yang sangat progresif dan konstruktif untuk menghentikan kejahatan-kejahatan kemanusiaan seperti itu.

"Ini semuanya disambut dengan sangat baik oleh mereka [perwakilan RRT]. Mereka acungkan jempol dan tepukan untuk saya," kata HNW.

"Kami berharap makna kunjungan persahabatan antar parlemen, bagaimana ini memberikan hasil dan kualitas hubungan antarbangsa, antarmanusia, dan antarumat," ujar dia.


Baca juga artikel terkait KONFLIK PALESTINA ISRAEL atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight