Wahana Misteri Jurnal Risa Rumah Sandekala: Lokasi & Harga Tiket

Penulis: Yonada Nancy - 22 Mei 2022 10:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Wahana misteri Jurnal Risa Rumah Sandekala dibuka di Bandung mulai 5 Mei 2022, berikut jadwal, lokasi, dan harga tiketnya untuk weekend maupun weekday.
tirto.id - Wahana misteri Jurnal Risa Rumah Sandekala dibuka perdana pada 5 Mei 2022 di Piset Square Mall Bandung. Wahana rumah hantu ini diselenggarakan oleh tim penulis novel horor terkenal, Risa Saraswati bersama dengan Otello Asia.

Tidak hanya di Bandung, Rumah Sandekala rencananya akan dibuka di tiga lokasi lainnya, termasuk di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Kendati demikian, pembukaan Rumah Sandekala di tiga lokasi di luar Kota Bandung baru akan dilakukan mulai Juni hingga Agustus 2022.

Konsep wahana Rumah Sandekala dirancang sesuai kisah buku kedua Risa Saraswati yang berjudul Sandekala (2018). Melalui wahana rumah hantu ini, pengunjung ditawarkan pengalaman yang sama menegangkannya dengan kisah pada buku tersebut.

Sang penulis buku, Risa Saraswati mengaku terlibat langsung terkait pembuatan Rumah Sandekala, termasuk dalam pemilihan lokasi. Lokasi pertama, yaitu Piset Square Mall dinilai cocok karena suasananya yang sepi sejak dilanda pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.

"Saya juga sudah lama enggak ke Piset Mal, begitu tahu tempatnya di sana, 'wah gawat nih, beneran seram'. Ketika beneran ada dekor, talent, jadi makin memperkuat suasana," terang Risa seperti yang dilansir dari Antara.

Lebih lanjut, Risa mengungkapkan bahwa Rumah Sandekala dipastikan akan lebih seram karena akan 'diramaikan' oleh makhluk tak kasat mata, temasuk karakter dari buku bernama Sukma.

"Sukma yang ada di cerita Sandekala sudah diajak komunikasi untuk sesekali datang ke sini, 'Karena dibuat berdasarkan cerita kamu, untuk kamu, biar orang tahu apa yang terjadi sama kamu'" kata dia.

Wahana Rumah Sandekala dibuka untuk umum dengan pengunjung minimal berusia 13 tahun. Namun, penyelenggara menghimbau bahwa wahana rumah hantu ini tidak disarankan bagi ibu hamil dan orang dengan penyakit jantung.

Kisah Wahana Misteri Rumah Sandekala


Kisah wahana Rumah Sandekala diadaptasi dari buku Sandekala yang ditulis oleh Risa Saraswati. Kisah ini diambil dari legenda sebuah rumah tua yang ada di perkampungan kecil di daerah Jawa Barat.

Sandekala dipercaya sebagai makhluk halus yang sering mengganggu anak-anak ketika pergantian sore dan malam. Hal ini sesuai dengan sebutannya, yaitu sandekala yang artinya senjakala atau pergantian waktu dari siang ke malam.

Berdasarkan buku Sandekala karya Risa Saraswati, Rumah Sandekala dulunya dihuni oleh keluarga keturunan Sunda yang cukup terhormat di kampung tersebut. Pemilik rumah yang bernama Nyai Sukma merupakan seorang penari dan sinden terkenal.

Perlahan, karir Nyai Sukma meredup seiring dengan usianya yang menua dan jasa sinden mulai tidak digemari. Di tengah keadaan depresi, Nyai Sukma memutuskan untuk melakukan perjanjian terlarang dengat setan.

Hal ini memang menjadikan karir dan pekerjaannya kembali bersinar, namun ada konsekuensi berbahaya di balik tindakannya tersebut. Ego dan ambisi Nyai Sukma menyebabkan ia tega menumbalkan salah satu dari dua anaknya, yaitu Barna dan Bagja.

Barna yang sudah berkeluarga tidak terima dengan kutukan tersebut dan berusaha melawan dengan mempelajari serta memuja hal-hal gaib. Tindakannya itu justru menyebabkan petaka lain yang membahayakan keluarganya.

Harga Tiket dan Jadwal Wahana Misteri Rumah Sandekala


Tiket masuk Rumah Sandekala Piset Square Mall Bandung tanggal 5 Mei hingga 5 Juni 2022 dapat dibeli melalui Tiket.com. Harga tiket masuknya dibedakan berdasarkan hari kerja (weekday), akhir pekan (weekend), dan tanggal merah (holiday).

Berikut harga tiket masuk Rumah Sandekala Piset Square Mall Bandung seperti yang dikutip dari laman Tiket.com:

  • Hari kerja (Senin - Jumat): Rp40.000.
  • Akhir pekan (Sabtu dan Minggu): Rp50.000.
  • Libur nasional atau tanggal merah: Rp50.000.

Wahana Rumah Sandekala buka setiap hari dengan jam operasional yang berbeda-beda. Jadwal buka untuk Rumah Sandekala di Kota Bandung adalah sebagai berikut:

  • Senin sampai Kamis: 12.00 / 14.00 / 16.00 / 19.00 WIB.
  • Jumat: 14:00 / 16:00 / 19:00 WIB.
  • Sabtu dan Minggu: 12:00 / 14:00 / 16:00 / 19:00 WIB.

Jadwal Rumah Sandekala di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang


Setelah pembukaan perdananya di Bandung mulai 5 Mei hingga 5 Juni 2022, Rumah Sandekala akan dibuka di 3 kota lainnya, yaitu Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Melansir Instagram @Otelloasia, berikut jadwal dan lokasi pembukaan Rumah Sandekala di ketiga kota tersebut:

1. Jakarta


Lokasi: FX Sudirman
Jadwal buka: 11 Juni - 10 Juli 2022

2. Bekasi


Lokasi: Grand Galaxy Park
Jadwal buka: 16 Juli - 14 Agustus 2022

3. Tangerang


Lokasi: Icon Walk Cimone
Jadwal buka: 27 Agustus -25 September 2022



Baca juga artikel terkait WAHANA MISTERI RUMAH SANDEKALA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy


Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight