Wagub Kaltim Positif COVID-19, Pilih Isolasi Mandiri di Rumah

Oleh: Bayu Septianto - 16 Juli 2020
Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi terkonfirmasi positif COVID-19 meski ia merasa sehat.
tirto.id - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi diketahui telah terkonfirmasi positif COVID-19. Hadi mengetahui dirinya positif COVID-19 saat melakukan pengecekan kesehatan rutin di RSUD Abdul Wahab Sjhranie Samarinda.

"Ya, saya positif COVID-19," kata Hadi Mulyadi dikutip dari Antara, Rabu (15/7/2020).

Hadi mengaku tidak merasakan keluhan sakit. Ia merasakan kondisi fisiknya dalam keadaan baik, dia mengaku tidak mengalami demam ataupun batuk seperti halnya gejala umum penderita COVID-19. Melihat kondisinya tersebut, Hadi mengaku disarankan dokter untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim, Syafranuddin menjelaskan kepastian Wagub Hadi Mulyadi terpapar virus corona usai yang bersangkutan melakukan pengecekan rutin saat akan menemui istrinya yang akan menjalani operasi teroid di RSUD Abdul Wahab Sjharanie Samarinda.

Namun Syafranuddin tidak bisa memastikan kapan dan dimana orang nomor dua di Kaltim tersebut terkena virus corona. Dalam catatan Biro Humas menyebutkan dalam sepekan terakhir Wagub Hadi Mulyadi sempat melaksanakan kegiatan di luar yakni pada penggalangan dana.

Selebihnya, lanjut Syafranuddin Wagub hanya menjalani kegiatan di Kantor serta mewakili Gubernur Kaltim pada rapat paripurna DPRD Kaltim terkait pengesahan Raperda LKPJ Pemprov Kaltim tahun 2019 menjadi perda pada Selasa (14/7/2020) lalu.

DPRD Provinsi Kalimantan Timur pun hari ini menggelar tes cepat atau rapid test COVID-19 bagi seluruh anggotanya yang berjumlah 55 orang.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK tes cepat untuk ketahanan tubuh ini dilakukan sebagai tahap awal, bila hasil rapid ke luar dan ditemukan reaktif, maka akan dilakukan uji swab.

“Kalau ada anggota yang hasilnya reaktif, maka otomatis langsung dilakukan swab,” tutur Makmur.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Bayu Septianto
DarkLight