Wagub Jabar Tinjau Pelaksanaan UN SMA/MA Hari Ini

Oleh: Yuliana Ratnasari - 10 April 2017
Wagub Jabar akan meninjau pelaksanaan UNBK di SMAN 11 Garut di Jalan Siliwangi dan SMAN 1 Jalan Merdeka Kabupaten Garut.
tirto.id - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA dan sederajat tahun 2017 digelar secara serentak hari ini, Senin (10/4/2017). Sementara itu, pelaksanaan UNBK di sejumlah sekolah di Kabupaten Garut dijadwalkan akan dikunjungi Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

"Agenda atau giat Pak Wagub Jabar untuk Senin, 10 April 2017 akan meninjau pelaksanaan UNBK di Garut," kata Kabag Humas Setda Provinsi Jawa Barat Ade Sukalsah.

Ade menuturkan, Wagub Jabar akan meninjau pelaksanaan UNBK di SMAN 11 Garut di Jalan Siliwangi dan SMAN 1 Jalan Merdeka Kabupaten Garut.

Seperti diwartakan Antara, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyatakan jumlah peserta UNBK SMA/MA dan sederajat pada 2017 yang akan dilaksanakan hingga 13 April mendatang sebanyak 196.768 siswa di 1.549 sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi menuturkan jumlah peserta Ujian Nasional Kerta dan Pensil (UNKP) SMA/MA dan sederajat 2017 di Provinsi Jawa Barat sebanyak 47.592 siswa/siswi yang tersebar di 1.113 sekolah.

"Dan Insya Allah, sehari menjelang pelaksanaan UNBK SMA 2017 di Jawa Barat, kami optimistis semuanya akan berlangsung aman dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti," kata dia. Menurut dia, secara umum evaluasi pelaksanaan UNBK SMK dan sederajat yang dilaksanakan 3-6 April 2017 di Jawa Barat berlangsung lancar.

"Alhamdulillah secara umum lancar, memang kita akui di hari terakhir pelaksanaan UNBK SMK ada sedikit gangguan, sempat error sistem dan jaringan," kata dia.

Oleh karena itu, kata Hadadi, untuk mengantisipasi hal serupa terjadi pada pelaksanaan UNBK SMA maka pihaknya meminta agar petugas IT di dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota, di sekolah dan Kemendikbud agar siaga selama pelaksanaan.

"Kemudian listrik dari PLN harus ada jaminan, lalu di teknisi harus stand by," kata dia.

Baca juga artikel terkait UNBK 2017 atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight