Wagub DKI Riza Patria Harap Stok Minyak Goreng Aman saat Ramadan

Reporter: Riyan Setiawan - 18 Mar 2022 09:40 WIB
Wagub Riza Patria berharap harga minyak goreng tidak melambung tinggi saat bulan puasa.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap stok minyak goreng aman saat Ramadan. Ia juga berharap harga minyak goreng tidak melambung tinggi saat bulan puasa tersebut.

"Harapan warga harganya bisa terjangkau," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (17/3/2022) malam.

Riza tidak mempermasalahkan dicabutnya aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Bagi dia, yang terpenting adalah ketersediaan pasokan minyak goreng bagi masyarakat.

"Kepentingan masyarakat kecil yaitu minyak goreng curah itu tersedia dan harganya terjangkau," kata dia.

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu menilai harga minyak goreng kemasan tidak bisa diatur sepihak. Kemenag mesti melihat ketersediaan produk, kemampuan pengusaha untuk memasok barang dan daya beli masyarakat.

"Kalau minyak goreng kemasan memang itu harus diserahkan ke mekanisme pasar. Itu tugas pemerintah membantu agar harganya bisa tetap terjangkau sekalipun tidak dipatok harga seperti minyak curah," ucapnya.

HET minyak goreng saat ini hanya berlaku untuk jenis curah. Sementara ketentuan HET untuk minyak goreng kemasan sudah tidak berlaku.

Merujuk Permendag Nomor 11 Tahun 2022, HET minyak goreng curah ditetapkan senilai Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.


Baca juga artikel terkait STOK MINYAK GORENG atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight