WA Eror: Whatsapp Down Trending di Twitter Hari Ini 19 Januari 2020

Oleh: Fitra Firdaus - 19 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi pesan instan WhatsApp dilaporkan sempat mengalami masalah pada Minggu (19/1/2020) petang. Hal ini membuat tagar #whatsappdown menjadi trending topic Twitter dunia.
tirto.id - Aplikasi pesan instan WhatsApp dilaporkan sempat mengalami masalah pada Minggu (19/1/2020) petang. Para pengguna kesulitan untuk mengirim pesan mutimedia. Hal ini membuat tagar #whatsappdown ramai dibicarakan di Twitter, bahkan menjadi trending topic dunia.

Berdasarkan pantauan Tirto.id di situs web downdetector.com, tampak WhatsApp mulai bermasalah sejak Minggu (19/1) pukul 17.44 WIB. Puncaknya adalah pada pukul 18.59 WIB dengan 849 laporan.

Namun, sejak saat itu, laporan terus berkurang. Pada pukul 21.43 WIB, tercatat hanya ada 24 laporan saja.

Jika diperinci berdasarkan jumlah laporan yang masuk downdetector.com, kendala terbanyak yang ditemui adalah masalah dalam menerima pesan yang mencapai 69 persen, diikuti 24 persen laporan lain terkait koneksi, dan 5 persen terkait last seen.

Setelah WhatsApp berangsur pulih, kendala terbanyak berubah, dengan 70 persen terkendala soal koneksi, dan 24 persen berikutnya soal menerima pesan.

Sementara itu, menurut Outage. Report, kendala yang dialami pengguna WhatsApp terutama pada masalah mengirim pesan yang mencapai 67 persen. Ada 12 persen lain yang menyatakan, tidak dapat menggunakan WhatsApp sepenuhnya.

Dalam peta pemantauan, tampak yang mengalami masalah dengan WhatsApp bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di antaranya Malaysia, sebagian wilayah India, Brasil, Inggris, dan Jerman.

Dikutip dari Antara, saat WhatsApp bermasalah, sejumlah pengguna memang bisa mengirim pesan seperti biasa. Namun, keluhan terjadi karena aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk mengirim media seperti foto, video, pesan suara (voice note), GIF, stiker, atau dokumen.

Akun Twitter WABetaInfo, situs yang mengikuti perkembangan aplikasi pesan instan tersebut, pada Minggu (19/1) pukul 19.10 WIB mengirimkan twit, "WhatsApp is unable to send images, videos, GIFs, audio and stickers."

Di Twitter sendiri, tagar #Whatsappdown menjadi trending topic dunia. Hingga tulisan ini dimuat pukul 22.00 WIB, tercatat ada 84,9 ribut twit yang membahas tagar ini.

Setelah WhatsApp berangsur normal, WABetaInfo pada pukul 20.31 WIB menuliskan, "WhatsApp is restoring the service. The server issue should be fixed now" yang menyiratkan gangguan terjadi karena masalah server.

Berdasarkan pantauan Antara, sejak sekitar pukul 21.00 WIB, pengguna WhatsApp di Indonesia sudah dapat mengirimkan media dalam aplikasi pesan instan ini seperti biasa.

Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight